Perpanjang Baterai Handphone

Smartphone memang peranti yang menyenangkan. Melalui satu alat, kamu bisa melakukan banyak hal. Berkomunikasi dengan teman, terhubung di media sosial, memandu perjalanan ke luar kota, memotret pemandangan dan selfie, hingga bermain game seru bisa kamu lakukan. Mudah dan praktis.

Namun, kehebatan smartphone tersebut juga menyisakan masalah. Banyaknya aplikasi yang dijalankan pada sebuah smartphone membuat usia baterai tidak bisa bertahan lama. Bila handphone sebelum era smartphone bisa bertahan 3-4 hari, smartphone milikmu bisa bertahan sehari semalam saja sudah hebat. Bila terus dipakai, kurang dari sehari pun baterai handphonemu sudah lemah. Solusinya, ke mana-mana harus bawa powerbank.

Perpanjang Baterai Handphone 2

Salah satu cara menyiasati agar masa pakai baterai handphone bisa bertahan agak lama adalah memilih handphone dengan kapasitas baterai yang besar. Kamu bisa mencari handphone dengan kapasitas baterai besar di sini. Bila kamu berbelanja di Blibli.com, kamus bisa mendapatkan banyak manfaat seperti Multi Payment yang memudahkan kamu dalam bertransaksi. Selain itu, pilihannya juga banyak. Bahkan, bisa dibeli dengan cicilan ringan 0%!

Tapi bila kapasitas baterai handphone milikmu sudah besar namun masih tetap terasa boros, mungkin ada beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan. Apa saja? Berikut cara-cara untuk menghemat baterai:

Tutup aplikasi tak terpakai

Tutup Aplikasi

Terkadang kamu membuka banyak aplikasi, tapi tidak menutupnya kembali. Jadi meskipun layar terlihat kosong, tapi sebenarnya ada banyak aplikasi yang masih berjalan. Sebelum mengunci dan memasukkan saku celana, cek kembali aplikasi yang berjalan di handphone. Tutup semua aplikasi yang tak terpakai untuk menghemat daya baterai.

Gunakan satu jaringan internet

Jaringan internet adalah fasilitas yang pasti dimiliki oleh smartphone. Ada dua koneksi internet yang bisa kamu pilih yaitu melalui jaringan seluler dan wifi. Biasakan untuk menyalakan salah satu jaringan saja. Misalnya kamu sedang menggunakan internet melalui jaringan wifi, matikan internet di jaringan seluler terlebih dahulu atau sebaliknya. Pencarian sinyal internet bisa membuat boros baterai, jadi gunakan satu jaringan saja.

Kurangi kecerahan layar

Kurangi Kecerahan

Kecerahan layar ternyata juga berpengaruh terhadap masa pakai baterai. Semakin terang layar, maka akan semakin boros baterainya. Usahakan layar handphone agak redup. Bila berada di luar ruang dan terlihat kurang jelas, kamu bisa mengaturnya lebih terang. Jangan lupa mengembalikan ke posisi redup bila masuk ke dalam ruang. Kamu juga bisa menggunakan mode auto untuk pengaturan layar handphone milikmu agar lebih hemat baterai.

Gunakan aplikasi penghemat baterai

Saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi penghemat baterai. Instal di handphone milikmu dan aktifkan. Aplikasi penghemat baterai ini sistem kerjanya adalah menutup aplikasi tak terpakai dan membuang “sampah” di handphone kamu. Bila sudah diinstal, jangan lupa meng-update-nya secara rutin. Usahakan kamu menggunakan aplikasi penghemat baterai setiap hari agar baterai handphone milikmu bisa bertahan lebih lama.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY