Kebun Mini

Mempunyai taman yang asri dengan hamparan rumput dan pepohonan di sekitarnya menjadi dambaan banyak orang. Taman yang asri akan membuat suasana rumah jadi sejuk. Tapi sayang, tidak semua orang memiliki halaman luas ratusan meter untuk bercocok tanam, apalagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Memiliki halaman saja—meskipun hanya kecil—sudah bersyukur. Sebagian orang akhirnya hanya menyimpan impian bercocok tanam di pekarangan rumahnya. Bila Anda memiliki pemikiran seperti itu, sebaiknya segera dibuang jauh. Sebab, berkebun tidak harus dilakukan di lahan luas ratusan meter. Di lahan terbatas pun hal tersebut bisa dilakukan.

Modal pertama yang perlu Anda miliki untuk mempunyai kebun adalah tekad. Bila memiliki keinginan kuat, Anda akan bisa mewujudkan kebun asri di pekarangan rumah Anda. Untuk mencari inspirasi berkebun, Anda bisa mengunjungi laman ini. Ada banyak koleksi tanaman yang bisa Anda pilih dan Anda bisa membeli tanaman kesukaan Anda dari rumah. Dengan Apps dari Blibli, Anda sudah bisa memilih peralatan berkebun dan bibit serta pupuknya. Tinggal klik, tak perlu repot datang ke tukang tanaman.

Selain tekad, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa berkebun di pekarangan rumah Anda, seberapa pun luas lahannya:

Siapkan alat

Siapkan Alat

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah alat. Sesederhana apa pun kebun yang akan Anda buat, harus ada alat untuk mengerjakannya. Paling sederhana misalnya Anda memanfaatkan botol bekas sebagai pot, Anda perlu gunting atau cutter utuk memotong dan melubangi botol tersebut. Bila ingin bertanam rumput, Anda sebaiknya juga memiliki gunting rumput seperti ini agar rumput bisa digunting rapi.

Beli bibit

Setelah persiapan alat untuk bertanam dan berkembun tersedia, Anda harus memiliki bibit tanaman. Sekarang ini semakin mudah mendapatkan bibit tanaman yang diinginkan. Misalnya bunga amarilis bercorak snowflake ini. Mungkin sulit mendapatkannya di nursery dekat rumah Anda. Tapi Anda bisa mendapatkan dengan mudah di Blibli.com. Pilih bibit kesukaan Anda dan mulai tanam bibit-bibit tersebut.

Manfaatkan ruang vertikal

Ruang Vertikal

Sekecil apa pun lahan Anda, tetap bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Salah satu cara untuk mengirit tempat adalah dengan sistem cocok tanam vertikal. Selain hemat ruang, cara ini juga bisa menghemat biaya. Anda bisa memanfaatkan beragam barang bekas untuk membuat potnya seperti botol atau pipa pembuangan air yang tak terpakai.

Siram dan pupuk secara teratur

Bila taman kecil Anda sudah hadir di pekarangan rumah, sekarang tugas Anda merawatnya. Tak sulit merawat tanaman Anda. Kuncinya adalah air dan pupuk. Siram dan pupuk secara teratur tanaman di pekarangan rumah. Taman indah pun hadir di depan mata dan Anda akan semakin betah bersantai di rumah.

Meski sempit, lahan terbatas ternyata juga bisa jadi hijau dengan mudah. Indah kan? Mari, segera bercocok tanam.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY