Layar sentuh pada smartphone bukan hanya memudahkan penggunaan. Tapi juga telah dibekali dengan berbagai teknologi yang mendukung ketajaman warna. Yang jelas, semakin tajam warna yang tampak pada layar, semakin nyaman pula teks, gambar, foto dan video dilihat.

Saat ini ada 5 jenis layar sentuh yang perlu diketahui, yaitu Thin Film Transistor (TFT), Super LCD (S-LCD), Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED), IPS LCD, dan Organic Light-Emitting Diode (OLED).

1. Layar TFT

Layar TFT menggunakan teknologi LCD berwarna terbaru sehingga dapat menghadirkan ketajaman warna lebih baik. Smartphone berlayar TFT umumnya cukup tebal dan konsumsi daya baterainya juga terbilang besar. Anda bisa menjumpai layar TFT pada Asus Zenfone 4 dan Samsung Galaxy V.

2. Layar S-LCD

Layar S-LCD merupakan pengembangan dari LCD yang akurasi dan kecerahan gambar serta teksnya lebih bagus. Sudut pandang pada smartphone berlayar S-LCD cukup lebar sehingga Anda dapat melihat layar dari sisi atas, bawah, dan samping dengan jelas. Contohnya layar S-LCD bisa dilihat pada HTC 8S.

3. Layar AMOLED

Layar AMOLED mampu menghasilkan teks dan gambar dengan tingkat kehitaman lebih gelap dan warna yang lebih cerah. Dua keunggulan AMOLED yang menarik untuk dipertimbangkan adalah layar ini dapat terlihat jelas meski berada di bawah cahaya matahari yang terik dan konsumsi baterainya hemat. Kemudian ada pula layar Super AMOLED yang kemampuannya dalam menghasilkan tingkat cerah di luar ruangan lebih tinggi daripada AMOLED. Anda bisa menemukan layar S-AMOLED di berbagai ponsel Samsung seperti Samsung Galaxy Alpha.


4. Layar IPS LCD

Layar IPS LCD dikembangkan dari teknologi LCD TFT dan sanggup menghasilkan reproduksi warna yang lebih baik serta sudut panjang yang lebih luas. Tingkat akurasi dan kedalaman warna yang dihasilkan layar IPS LCD juga baik. Salah satu smartphone yang memakai teknologi ini adalah Xiaomi Redmi 1S.

5. Layar OLED

Penggunaan layar OLED pada smartphone mudah dikenali. Layar berteknologi OLED tidak memerlukan backlight dan filter seperti pada layar LCD. Hasilnya, layar dan bodi smartphone bisa didesain dengan bentuk tipis. Contoh smartphone berlayar OLED adalah LG G Flex.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY