Satu lagi usaha dari produsen sepeda lokal Polygon untuk membuat namanya mendunia. Setelah pada Februari lalu mereka mengumumkan kerjasama dengan tim United Ride Hutchinson untuk semua seri Downhill World Cup. Baru-baru ini, tepatnya di ajang Taipei Bike Show 2013, Polygon memperlihatkan rancangan terbaru mereka untuk line-up 2014. Walaupun masih dalam tahap ‘prototype’, sudah terlihat jelas usaha yang dilakukan Polygon.

Tidak tanggung-tanggung, mereka mengeluarkan dalam bentuk Carbon Fibre frame dengan 650B wheels. Dua hal yang menjadi ‘hot trend’ di industri sepeda dunia sejak akhir tahun lalu.

—————————————————————————

Apalagi nih 650B wheels?
Sepeda dengan ukuran diameter ban kira-kira 27.5inc. Lebih besar dari MTB pada umumnya yang mempunyai ukuran 26inc. Saya sendiri belum pernah mencobanya, tapi disebutkan 650B lebih stabil, lebih halus dalam mengatasi trek. Tentunya dengan ukuran ban baru, diperlukan fork yang sesuai dengan ukuran tersebut.

—————————————————————————

Orrin
Polygon Prototype – Orrin (160mm, Allmountain/Enduro). Pic credit: Pinkbike

2 prototype yang dikeluarkan Polygon bertipe All-Mountain, Orrin dengan travel 160mm dan Karro dengan travel 140mm. 2 tipe ini akan menjadi line-up 2014 mereka. Dan direncanakan akan di launch pada event Eurobikes Jerman tahun ini, di bulan Agustus.

Beberapa hal yang menjadi highlights di prototype ini:
– Sistem suspensi FS3
Seperti yang pernah saya tulis diartikel Collosus DH, sepeda DH Polygon 200mm memakai system suspensi FS2. Nah, FS3 merupakan evolusi dari system terdahulunya. Sistem ini dirancang agar sepeda ini menjadi sebuah sepeda yang nyaman dipakai mendaki dan menyenangkan melibas turunan.

– Internal Routing Cable
Di sepeda ini anda tidak akan melihat kabel rem dan shifter menempel pada frame sepeda. Bahkan Anda tidak akan melihat kabel di frame ini, karena semua jalur kabel berada didalam frame. Sepeda akan terlihat sangat rapi.

 

Karro
Polygon Prototype – Karro (140mm, Allmountain/Enduro). Pic credit: Pinkbike
Orrin-02
FS3 suspension system. Pic credit: Pinkbike
Orrin-03
Internal cable routing & 12×142 rear end. Pic credit: Pinkbike

Polygon sendiri belum mengumumkan harga untuk kedua sepeda ini. Tampaknya konsumen masih harus bersabar hingga ahir tahun ini. Sayapun sangat ingin mencoba.

(Artikel terkait: Rasa Indonesia di Seri Dunia)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY