Para Juara Dunia
Mohamad Ahsan-Hendra Setiawan & Tontowi Ahmad-Lilyana Natsir

Berita menggembirakan dari dunia olahraga mampir ke Indonesia baru-baru ini. Di tahun 2013 ini Indonesia berhasil menjadi juara dunia, tidak hanya satu, tetapi dua juara dunia. Prestasi ini ditorehkan oleh pasangan Hendra-Ahsan di ganda putra dan Tontowi Ahmad-Lilyana Natsir pada ganda campuran di kejuaraan bulutangkis World Badminton Championship (WBC) 2013 di Guangzhou, Cina yang menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan dunia ini menjadi saksinya.

Mohamad Ahsan dan Hendra Setiawan
Ahsan – Hendra

Ada satu hal yang menarik bila melihat kontingen Indonesia di kejuaraan dunia ini, atau bahkan di kejuaraan All England beberapa bulan sebelumnya. Kontingen Indonesia tidak memakai satu sponsor seperti yang sudah menjadi tradisi selama ini. Beberapa pemain bahkan pelatih memakai apparel yang berbeda sponsornya.

Terlihat brand-brand seperti Yonex, Victor, Li-Ning, Babolat, Fly Power, Astec, Reinforce Speed terpampang di jersey pemain-pemain Indonesia. Ternyata di awal tahun 2013 ini, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebagai induk olahraga bulutangkis di Indonesia telah memulai langkah baru dalam management sponsor bulutangkis. Tidak lagi memakai sponsor tunggal yang selama hampir 40 tahun ini dipegang oleh Yonex, tapi membuka pintu bagi para sponsor lain untuk langsung mengontrak pemain secara eksklusif. Dan hasilnya mendatangkan beberapa sponsor baru. Dengan peta management sponsor yang baru ini, bukan berarti Yonex mundur dari bulutangkis Indonesia, saat ini Yonex berhasil mendapat tanda tangan 21 pemain Timnas. Sementara Victor mengikat kontrak dengan 24 pemain, Flypower 19 pemain, Li-Ning 9 pemain, Astec 8 pemain, Reinforce Speed (RS) 5 pemain dan Babolat 4 pemain. Yang mana secara ekonomis, kontrak yang berdurasi 2 tahun dari para sponsor baru tersebut akan mengalirkan kurang lebih Rp33 miliar untuk mendukung para atlet bulutangkis tersebut berlaga.

Kini kita tak akan lagi menjumpai jersey dengan logo sponsor yang sama di setiap pertandingan Timnas Bulutangkis Indonesia. Kontrak individu membuat senar raket para pemain bergambar logo yang berbeda-beda. Seragam pemain Timnas pun menjadi lebih beraneka warna. Sang juara dunia: Tontowi Ahmad-Lilyana Natsir akan mengenakan seragam dan perlengkapan pertandingan berlogo “V” dari Victor. Pasangan ganda putra juara dunia Hendra-Ahsan masih akan membawa logo “YY” atau Yonex, sementara pemain tunggal seperti Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro akan berseragam Li-Ning. Angga-Rian akan mengenakan Flypower dan Hayom Rumbaka akan membawa logo Astec. Lukhi Apri berseragam Babolat sementara Hanna Ramadini mengikat kontrak dengan Reinforce Speed.

Keunikan ada pada pasangan ganda campuran Muhammad Rijal-Debby Susanto karena keduanya disponsori apparel yang berbeda. Debby membawa logo Li-Ning sementara Rijal berseragam Yonex. Para pemain lain pun akan mengenakan seragam dan perlengkapan dari sponsor mereka masing-masing. Begitupun para pelatih kini memiliki sponsor individu. Christian Hadinata, Nova Widianto, dan Richard Mainaky adalah tiga dari sejumlah pelatih yang disponsori oleh Yonex. Sementara Liang Chiu Sia diikat kontrak oleh Victor.

Terobosan baru ini membuat Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang menerapkan kontrak individu dan menghapus kontrak kolektif untuk Timnas bulutangkisnya. Beberapa nilai positif bisa didapat dari sistem kontrak individu ini, seperti membuat nama bulutangkis Indonesia semakin terangkat dengan masuknya merek-merek berkelas dunia. Dan juga ‘memaksa’ para atlit untuk lebih berprestasi, karena mereka mempunyai kewajiban langsung kepada para sponsor mereka. Yang mana hal ini bisa membuat nama Indonesia kembali terdengar di dunia perbulutangkisan Internasional.

Sebenarnya indikasi ini sudah terlihat di kejuaraan All England lalu, yang mana banyak atlit Indonesia berhasil mencapai babak yang lebih jauh dibandingkan tahun sebelumnya.

Yang membanggakan juga, ada dua nama brand lokal yang juga menjadi sponsor para pemain timnas, Flypower dan Astec. Saya pernah menulis tentang mereka yang bisa Anda lihat disini.

Melihat kepercayaan dunia Internasional kepada brand lokal ini, sepertinya produk-produk Flypower dan Astec sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari peralatan bulutangkis baru. Untuk memudahkan pencarian Anda, Blibli.com membawa beberapa pilihan dari brand-brand tersebut dan juga produk dari brand seperti Li Ning, Spech, dll yang bisa Anda pilih disini.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY