[Slideshow] Ladies, Lindungi Diri Kamu Dengan Belajar Bela Diri, Yuk!

ilmu bela diri

Tingkat kriminalitas terhadap perempuan di Indonesia semakin hari semakin tinggi, ladies. Hal-hal kecil seperti keluar sendirian atau jalan ke tempat parkir pun bisa bikin jantung dag-dig-dug dan paranoid.

Untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, nggak ada salahnya jika kamu mulai membekali diri dengan ilmu bela diri. Mungkin kesannya nggak gampang ya? Namun ada beberapa teknik dan jenis bela diri yang cukup mudah kok. Yuk langsung intip ulasannya berikut ini!

1. Jujutsu

Via - graciehumaitakansascity

Ilmu bela diri yang berasal dari Jepang ini menggunakan teknik atemi waza yang berarti menyerang bagian yang lemah dari lawan. Selain itu terdapat teknik ansetsu waza atau gyakudori yang berarti mengunci persendian lawan dan nage waza yang berarti menjatuhkan lawan.

Selain memiliki teknik pukulan, tendangan, dan self defense, Jujutsu juga mempelajari penggunaan senjata. Mulai dari tongkat pendek, tongkat panjang, double stick, tonfa, atau pepper spray yang selalu siap sedia di tas kamu untuk disemprotkan ke mata si orang jahat.

2. Jogo Do Pau

Via - Pacific Rim Wiki

Berasal dari Portugal, Jogo Do Pau merupakan seni bela diri yang mengandalkan toya atau tongkat panjang sebagai senjata. Namun dalam permainannya para pesilat Jogo Do Pau dilarang memukul lawan yang nggak membawa toya ataupun lawan yang sudah jatuh ke tanah.

Ilmu bela diri yang satu ini cocok banget kamu praktekkan saat bertemu dengan orang jahat. Jika kamu nggak menemukan tongkat kayu sebagai senjata, mungkin payungmu bisa dijadikan sebagai penggantinya. Keluarkan teknik Jogo Do Pau terbaikmu dan huyungkan senjata ke arah lawan!

3. Krav maga

Via - kravmagafederationofamerica

Krav Maga adalah seni bela diri asli yang berasal dari Israel. Nggak ada aturan baku dalam pertarungan Krav Maga. Baik pria maupun wanita menjalani metode latihan yang sama. Meski nggak ada peraturan baku, Krav Maga pada pada dasarnya menekankan keselamatan diri penggunanya sambil berusaha melumpuhkan lawannya dengan cara apapun yang bisa dilakukan.

Mulai dari cekikan leher, tusukan ke mata dan serangan daerah kemaluan adalah salah satu jurus andalan dalam Krav Maga yang bisa kamu lakukan saat dalam keadaan terdesak. Jika ternyata lawanmu terlalu kuat, memanfaatkan high heels kamu sebagai senjata bisa kamu lakukan.

4. Kalarippayattu

Via - Shevlin

Ilmu bela diri kelima ini mengandalkan tongkat pendek, belati, perisai, tombak, hingga pisau lipat sebagai senjata. Selain itu, seni bela diri asal India ini juga memiliki teknik varma kalai, dimana kamu bisa melumpuhkan penyerang dengan menekan titik-titik saraf tertentu. Tertarik mempelajarinya?

5. Perisai Diri

Via - Perisai Diri

Kamu patut berbangga ladies, karena seni bela diri yang satu ini berasal dari Indonesia. Teknik Perisai Diri menggabungkan unsur silat dari Indonesia dan ‘shaolin’ dari Tiongkok. Salah satu metode yang terkenal adalah ‘serang hindar’ dimana para pesilat diajarkan teknik bela diri yang menjunjung motto “Pandai Silat Tanpa Cedera”. Wah cocok banget ya ladies, jadi kamu bisa aman tanpa takut terluka.

6. Kempo

Via - nadin4eblog

Seni bela diri asal Jepang ini menekankan pada gerakan halus. Sebagai salah satu bela diri paling mematikan, Kempo banyak memainkan tangan dalam tekniknya. Tapi, berbeda halnya ketika kamu bertemu penjahat, kamu bisa kok mengombinasikan jurus-jurus dalam Kempo dengan alat yang kamu punya, misalnya tas tangan yang kokoh.

7. Kendo

Via - Festember

Sebagai salah satu teknik bela diri modern Jepang, Kendo menggunakan benda tajam seperti pedang sebagai senjata. Nah, kamu bisa banget menerapkan salah satu teknik kendo yaitu ‘tsuki’ yang berarti tusukan dengan sasaran ke leher dengan menusukkan pensil atau pulpen ke leher lawan saat dalam keadaan genting.

8. Taekwondo

Via - Fierce for Black Women

Berasal dari Korea, Taekwondo lebih banyak memanfaatkan kaki dan tangan sebagai senjata untuk melumpuhkan lawan dalam tekniknya. Selain untuk pertahanan diri, seni bela diri yang satu ini juga berguna untuk membangun kepercayaan diri dan kedisiplinan lho, ladies.

Dari beberapa pilihan bela diri diatas, kamu bisa lihat bahwa mengasah kemampuanmu dalam bidang ini nggak ada salahnya untuk dicoba. Selain bisa digunakan untuk melindungi diri dari kejahatan yang nggak bisa diprediksi, bela diri juga bisa dijadikan sebagai cara lain untuk berolahraga.

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti kelas bela diri atau olahraga, Blibli.com punya banyak pilihan voucher yang bisa kamu coba. Mulai dari kelas fitness, memanah hingga Taekwondo. Jadi, mana pilihanmu? Yuk pesan sekarang juga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY