Gowes aman dijalan raya
pic courtesy of utwbag.com

Belakangan ini makin banyak saya lihat orang menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari mereka. Pagi hari saat berangkat kerja, suka terlihat satu dua atau sekelompok pesepeda menuju tempat kerja mereka, begitu juga disaat pulang kerja.

Jumlah mereka akan bertambah berkali lipat disaat weekend. Akan terlihat jelas di jalur-jalur Car Free Day (CFD). Dari yang sudah mempunyai jam terbang tinggi sampai newbie. Perbedaannya akan terlihat dari pembawaan mereka di jalan raya.

Agar acara bersepeda tetap menyenangkan tanpa ada kejadian berarti, saya akan membagi beberapa tips ketika gowes di jalan raya. Ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian, diantaranya:

1. Antisipasi.
Ketika berada di jalan raya, camkan di dalam otak Anda untuk selalu siap untuk kemungkinan terburuk. Bukan untuk menakut-nakuti Anda, tapi untuk menyiapkan mental ketika di jalan raya yang ramai dengan kendaraan bermotor. Dengan mental yang siap, otomatis reflek kita juga akan lebih siap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu jaga jarak dengan objek didepan Anda, ini berguna untuk memberi Anda waktu yang cukup untuk berhenti atau menghindar. Saran dari saya, selalu menaruh satu atau dua jari Anda selalu diatas lever rem akan menjadi ide yang bagus.

2. Observasi.
Masih berhubungan dengan point pertama, observasi atau memperhatikan situasi jalan yang baik menjadi kunci dari antisipasi. Tidak berarti Anda jadi sibuk memperhatikan keadaan sekeliling Anda sehingga lupa dengan apa yang ada di depan. Sekali-kali mengecek samping pundak Anda bisa jadi hal yang berguna, membuat Anda aware dengan sekeliling Anda. Apalagi ketika Anda akan membelok atau memotong jalan. Dan juga pasang mata untuk menghidari lubang-lubang yang cukup banyak dijalanan Jakarta. Pasang kuping anda. Makanya sangat tidak disarankan gowes sepeda sambil mendengarkan musik dengan earphone, karena akan mengurangi kewaspadaan Anda dengan sekeliling.

3. Posisi Anda.
Mengingat situasi jalan raya seperti di Jakarta sangat brutal, maka posisi anda dan sepeda menjadi point penting ketika bersepeda di jalan raya. Usahakan selalu berada disisi kiri jalan, jangan terlalu mepet dengan trotoar, gunanya untuk memberi ruang kepada anda untuk melakukan manuver mendadak, seperti menghidari lubang. Usahakan jalan lurus tidak kiri kanan ketika tidak harus menghindar. Ketika anda bersepeda dalam grup, sebaiknya posisi berbaris kebelakang dalam satu garis.

4. Skil Bersepeda.
Semua poin diatas harus ditunjang dengan yang satu ini. Skil dasar ketika bersepeda dijalan raya seperti, melihat kebelakang tanpa ragu-ragu, mengerem dengan baik, melepas satu tangan untuk meminta jalan, dst sudah dapat dikuasai dengan baik. Skil ini akan terus berkembang dengan bertambahnya jam terbang anda diatas sepeda. Yang musti diingat, selalu yakin dengan jalur Anda, jangan membuat gerakan-gerakan tiba-tiba kalau tidak mau disambar oleh kendaraan bermotor. Selalu bergerak dengan yakin dan hati-hati, sehingga kendaraan bermotor tahu pergerakan anda.

5. Peralatan
Patut diperhatikan hal-hal berikut, seperti: bagi pemula, gunakan pedal flat double sided, maksudnya pedal yang mempunyai tonjolan-tonjolan kecil di kedua sisinya. Gunanya agar kaki Anda dapat leluasa bergerak, turun naik melepas pedal ketika diperlukan. Tidak disarankan menggunakan clipless pedal, kecuali Anda sudah terbiasa. Sangat dianjurkan untuk menggunakan lampu atau reflector terutama malam hari, agar kendaraan disekeliling Anda tahu kehadiran Anda. Helm sepeda juga sangat dianjurkan untuk keamanan Anda sendiri. Sedangkan untuk outfit, gunakan celana dan kaos yang nyaman, jangan gunakan baju yang dapat menyulitkan gerakan Anda, seperti celana kulit misalnya. Dan tentu saja, pemeliharan sepeda juga perlu diperhatikan. Selalu lakukan pengecekan berkala. Anda tentunya tidak mau tiba-tiba rem Anda blong kan?

Saya rasa 5 point diatas cukup sebagai awal. Dan bila Anda masih bingung mencari peralatan yang tepat dimana, mungkin link-link berikut bisa menjadi solusi Anda. Bila sepeda yang Anda cari, link ini dapat membantu. Di Blibli.com cukup banyak pilihan sepedanya. Tidak ketinggalan helm sepeda dan outfit yang bervariasi dapat anda lihat disini.

Semoga pengalaman bersepeda anda semakin menyenangkan.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY