Kamera Prosumer

Kamu pernah mendengar istilah kamera prosumer? Dalam dunia fotografi, prosumer merupakan singkatan dari professional and consumer. Artinya kamera ini kelasnya ada di tengah antara kamera profesional (DSLR) dan kamera consumer (kamera saku). Fiturnya pun ada di tengah-tengah antara kamera saku digital yang dianggap sebagai kelas terendah kamera dan kamera DSLR yang dianggap sebagai kelas profesional.

Agar kamu lebih mudah memahami tentang kamera prosumer, mari kita bahas fitur dasarnya:

Sensor

Ukuran sensor kamera prosumer lebih besar dari kamera saku, tapi lebih kecil dari kamera DSLR. Otomatis kualitas gambar lebih bagus dari kamera saku, tapi masih di bawah kamera DSLR.

Lensa

Kamera prosumer tidak menyediakan fitur pergantian lensa seperti kamera DSLR. Lensa tidak bisa diganti seperti kamera saku. Tapi kamera prosumer menyediakan rentang zoom yang panjang. Bila umumnya kamera saku hanya memiliki optical zoom 4X, kamera prosumer menyediakan rentang zoom 20X bahkan lebih.

Harga

Harga kamera prosumer juga berada di tengah antara kamera DSLR dan kamera saku. Namun, ada juga beberapa kamera prosumer yang dilengkapi dengan fitur canggih seperti rentang zoom hingga 80X yang harganya sama dengan kamera DSLR kelas pemula.

Itulah tiga perbedaan mendasar antara kamera prosumer dengan DSLR dan kamera saku digital. Bila masih penasaran dengan bentuk dan fitur kamera prosumer seperti apa, langsung saja cek di sini.ย Kamu bisa membeli kamera prosumer di Blibli.com dan mendapatkan manfaat tambahan, salah satunya adalah cicilan 0%, sehingga kamu tidak perlu menabung hingga dana terkumpul seharga kamera tersebut.

Bila kamu memiliki rencana membeli kamera prosumer, berikut ini empat kamera yang bisa dipertimbangkan untuk dimiliki:

Sony Cybershot DSC H400

Sony Cybershot DSC H400

Sony adalah salah satu perusahaan yang menginvestasikan banyak dana di dunia fotografi digital. Cybershot DSC H400 adalah kamera prosumer yang sudah mengadopsi teknologi Bionz R, yang menurut klaim Sony bisa menghasilkan detail gambar yang lebih baik. Bila penasaran dengan fitur lengkap kamera ini, cek langsung di sini.

Nikon Coolpix P900

Nikon Coolpix P900

Bila kamu mencari kamera dengan rentang zoom lensa super panjang, Nikon Coolpix P900 bisa menjadi pilihan. Rentang kamera hinga 83X membuat memotret objek jarak jauh jadi menyenangkan. Memotret burung jarak 100 meter bukan masalah. Untuk mengetahui kualitas lensa kamera ini, browsing saja โ€œNikon Coolpix P900 zoom testโ€. Siap-siap terpana. Penasaran dengan kamera ini? Cek di sini.

Canon Powershot SX60

Canon Powershot SX60

Kamera keluargan Canon ini mempunyai rentang zoom cukup panjang, 65X, walaupun belum mengalahkan Nikon P900. ISO Powershot SX60 bisa dinaikkan hingga 6400. ISO adalah pengaturan kepekaan cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin baik ketika digunakan di ruang minim cahaya. Informasi kamera ini bisa kamu lihat di sini.

Samsung WB 110F

Samsung WB 110F

Brand Samsung memang belum sekuat pemain lama seperti Nikon dan Canon. Namun, Samsung cukup serius membidik pasar ini. Samsung mengeluarkan produk WB 110F untuk kelas prosumer dengan teknologi Dual IS (image stabilization). Fungsi image stabilization adalah membuat kamera tidak goyang dan mencegah foto blur. Cek teknologi Samsung di sini.

Nah, mana kamera yang kamu pilih?


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY