Samsung Galaxy Note 8.0: Menggantikan Buku Tulis…Selamanya.


“Selamanya” memang kata yang berani. Iya, saya tahu. Tapi saya mengatakan itu bukan tanpa perhitungan. Teknologi stylus bertemu Touch Screen sebenarnya bukan hal yang baru. Sekitar 10 tahun lalu, sudah ada Windows Mobile yang mengharuskan semua interaksi, menggunakan stylus. Ingat XDA? PocketPC? iPaq? Tapi, ini jauh dari kesempurnaan.

Kalau kita fokus ke teknologi stylus, saya harus bilang dengan tegas, langsung, di awal bahwa kata “Note” dalam Galaxy Note memiliki makna yang kuat. Dari Galaxy Note II, Galaxy Note 10.1″ sampai yang terbaru dan akan keluar ini, Galaxy Note 8″, Samsung has done it again. Kualitas Stylus-nya dengan tingkat sensiftifitas 1024 level. Saya seharusnya tidak menyebutnya stylus, tapi S-Pen. Tingkat sensitifitas ini membuat menulis terasa sedikit “empuk”, seperti halnya menulis di kertas. Tekanan ini tentunya mempengaruhi hasil. Selain “empuk”, S-Pen juga responsif dengan Note, artinya, hampir tidak ada jeda antara tarikan S-Pen di layar.

Saya demonstrasikan dengan video.

S-Pen juga dilengkapi tombol yang berfungsi untuk berbagai hal, tergantung gesture-nya. Kalau ditekan sambil kita mengambang diatas layar tanpa menyentuh, Note 8″ akan capture screen. Kalau di tahan tombolnya sambil menarik garis di layar, S-Pen akan menggarisi gambar yang bisa di copy atau cut yang nanti bisa disimpan atau di paste di tempat lain.

S-Note, aplikasi bawaan Galaxy Note 8″, adalah aplikasi yang mendukung penggunaan S-Pen. Aplikasi itu bisa memudahkan kita bermain dengan bentuk (lingkaran, segitiga, kotak, dll), rumus atau tulisan. S-Note juga menyediakan banyak template untuk kita menulis. Mulai dari kertas bergaris, kertas kotak-kotak, kertas polos, sampai kertas ucapan. Batasnya, hanya kretifitas kita!

Kalau Anda adalah Oom Pasikom berikutnya, eh maksud saya mempunyai hobi atau bakat menggambar, cobalah aplikasi Sketchbook Mobile Express (gratis) atau Sketchbook Mobile Pro (berbayar). Aplikasi ini lebih menguatkan lagi fungsi S-Pen dan membuat kita semakin menghargai kreasi Samsung yang ini. Sketchbook Mobile menyediakan zoom sehingga kita bisa lebih detail menggambar. Bisa juga ber-layer, sehingga tahap menggambar bisa lebih komprehensif, terutama dalam mewarnai. Limitless!

  • Galaxy Note 8″ sedikit lebih powerful dibanding pendahulunya, Galaxy Note 10.1″, terutama di prosesor. Note 8″ berotak 1.6Ghz Quad Core, dibandingkan dengan Note 10.1″ yang hanya 1.4Ghz.
  • Resolusi sama-sama 1280×800, namun karena ukuran layar Note 8″ lebih kecil, maka ppi (pixels per inch) lebih besar, 189 ppi.
  • Note 8″ sudah dengan Android Jelly Bean 4.1 sedangkan Note 10.1″ (sebelum di upgrade, Ice Cream Sandwich 4.0)

Bagi yang menyukai mencatat, menulis dan menggambar, dengan ukuran yang lebih kecil, ringan dan mobile, Samsung Galaxy Note 8.0 lah jawabannya. S-Pennya, tidak ada tandingannya. Goodbye Notebook!

Samsung Galaxy Note 8

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

52 COMMENTS

    • Selain di layar 0.1inch lebih besar, beda lebih mantabnya lagi di S-Pen! mau beli stylus jenis apapun untuk iPad mini, gak akan nyaingin, karena teknologinya beda. Jadi ya tergantung, butuh tulis-tulis? This is it! 🙂

  1. Terima kasih ya atas reviewnya. Jadi semakin memantapkan utk beli Note 8. Kmrn masih nimbang2 Note 2 atau 8. Tapi krn sy suka bikin mindmap, keknya Note 8 dengan layar lebih lebar lebih mantap jadinya. 🙂
    Sayang kiriman dari Blibli jadi diundur, pdhl sy menggunakan utk presentasi rabu minggu depan 🙁
    Anyway, thanks a lot for the review….

  2. klo untuk gambar kira2 se “sensitif” wacom family gak ya? kebetulan ane demen coret2.. hehehe.. kira2 layar kurang lbh ukuran a4 kayaknya y? klo s-pen kyk wacom ane minat nih.. hehehe

  3. kalau untuk mind map di note8 ini pake aplikasi apa ya? kalo di ipad kan ada ithoughtsHD … kalo android note8?
    mohon infonya

  4. Wah cocok kayaknya ini jadi gak usah bawa2 agenda segala, gimana cara belinya gan? boleh kredit tidak kalau untuk luar kota ?

  5. jadi galaxy note yg ini emang cocok bgt sama yg hobi gambar ya? dibanding tab, note ini lebih bagus kan untuk hobi gambar?

  6. bro mau tanya apakah galaxy note 8.0 ini nanti bisa dikonek kan ke.layar proyektor untum presentasi gitu?kalo bisa kira2 kabelnya brapa yah?dan apakah mengetik word di note 8 nanti akan ada perubahan editan jika kita pindahkan filenya ke komputer?
    thanks ya

    • Bisa. Gw uda pernah liat konektor HDMInya, dari galaxy, ke TV/proyektor HDMI, di toko Samsungnya, sayang di Blibli blm ada.
      Untuk word, so far gw gak pernah nulis dokumen yang agak rumit, gw cuma nyatet pake evernote. perubahan sih pasti ada. Kalo mau perfect, tunggu Office 365 untuk Android 🙂

      Hope it helps

  7. Halo Pak Ario, kalau perbedaan antara Galaxy Note 8.0 dengan Note 10.1 dari segi fitur dan hardware (selain ukuran layar dan prosesor) apa saja ya? apakah lampu flash kamera dan fitur untuk edit gambar seperti Adobe Photoshop semua lengkap ada di Note 8.0 ini? thanks 🙂

    • First of all, no “Pak” please ^^. Saya pikir sih sama saja ya. Edit gambarnya sama, atau pake aplikasi tambahan. Saya jarang foto & edit foto disitu. Satu hal yang saya pelajari, kalau ada beberapa device, jangan lupa konek ke dropbox biar librarynya sama. Sorry ya kalo gak sepenuhnya membantu 🙂

  8. Saya baru beli,masih banyak nggak ngerti cara pakainya,apakah ada cara/petunjuk untuk memakai note 8 ini?Terima kasih

  9. Pak Ario, Note 8.0 sy semenjak di charge pake quick chargenya Sony, klo di charge pake charge aslinya jd ga bisa penuh, malahan kadang ga mau ngecharge..
    balikinnya lg gimana ya..
    haha :p

  10. Good produk broo, so pasti puas semua info just only one CLIK..!Wallah….
    Its depend your creativity….and i got with a gread price. 5.2K with install aplication+anto gores..

  11. Aku jga pake note8.. ada S pen nya.. itu yg bikin kereen banget kayak pegang buku siap catat tulisan jadinya… 🙂 hehee… tp sayang kameranya ga ada flashnya dan ga ada radionya… :(,
    Selebihnya utk internet aku rasakan seeh cepet banget koneksi dan handling perpindahannya view page nya..

  12. mas ario aq udh pake note 8, mau nanya untuk cara mempastenya gmn yah? baru nemu cara meng copy ajah.. dn itu bsa dilakukan di catetan kita yang lain kan?terima kasih infonya

  13. Ah bisa aja bohongin orang. Gw aja nyesel, banyak masalah terutama pas ngecharge, colokan nyolok, tapi tulisannya discharging. Mesti dalam kondisi mati kalo ngecharge. Memory 2GB kerasa berat jalanin aplikasi. Belum install apa2, udah 539 MB RAM kepakai buat OS. Katanya memory internal 16GB,
    tapi yg real di device cuma 9,7GB. Nyesel gw beli ini, Gw harap ngga ada yg ketipu lagi sama orang2 yang bangga2in android or samsung.

    • Wow.. tuduhan berat ya kalo dibilang “bohongin” atau “menipu” 🙂
      kalau keadaanya seperti Note 8 milik Anda, monggo di claim balik ke Samsung karena saya yakin produk tsb defect. Masih garansi kan?
      Kalau mengenai memori RAM memang TouchWiz Samsung agak berat, mengenai Memory Internal tergantung juga dari apps & files yang ada di memori tersebut.

      Saya & Blibli tidak ada niat untuk menipu. Apalagi saya, saya sendiri sampai sekarang masih memakai Note 8″ untuk sehari-hari. Paling serind dipakai meeting, untuk mencatat dengan S-Note & S-Pennya. Jadi, Note 8 saya tidak ada masalah.

      🙂

  14. mas artio,…saya berprofesi dosen…saya sangat serius untuk bisa menggunakan antara tablet saya dengan netbook saya untuk presentasi, saya sud coba koneksikan antara tab 2 saya dengan netbook saya benQ 10, dengan program yang ditawarkan teman bloger..seperti andromouse 4.0 dan mouse keyboard via bluetooth..tapi saya gak bisa2

    tolongin dong boss..praktisnya kaya apa, atau ada spesifikasi apa yang perlu.. saya sekarang sdh menggunakan tab A s pen 8, netbook saya masih ben Q…

    mudahan mas ario iklas mu nolongin saya, matyus swun sebelumnya, saya sangat tunggu responnya

LEAVE A REPLY