Fakta Mengenai Piala Suhandinata Dari WJC 2017

Turnamen bulutangkis junior akan dimulai dari nomor beregu campuran yang memperebutkan Piala Suhandinata. Sebelum membahas lebih lanjut, siapa sih sosok dibalik nama piala tersebut dan makna dibalik setiap ornamen pialanya? Disimak terus ya Friends.

Piala Suhandinata adalah kajuaraan dunia bulutangkis level junior yang mempertandingkan nomor beregu campuran. Nama kejuaraan tersebut diadopsi dari nama salah satu tokoh bulutangkis Indonesia, yaitu Suharso Suhandinata.

Beliau dikenal berperan penting dalam menyatukan dua lembaga bulutangkis dunia, International Badminton Federation (IBF) dan World Badminton Federation (WBF). Nah, kenapa bisa dipilih nama tersebut? Karena sebagai bentuk atas kontribusi Suharso Suhandinata pada perkembangan bulutangkis, khususnya bagi para pebulutangkis remaja.

Suharso Suhandinata juga merupakan sosok dibalik keberhasilan Indonesia mengusulkan nama “Sudirman” sebagai nama piala dan turnamen beregu campuran bulutangkis dunia. Kemudian beliau mendapat julukan “Mr. Diplomat” berkat kepiawaiannya berdiplomasi nih Friends.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior sudah bergulir sejak tahun 1992, tapi Piala Suhandinata baru mulai masuk pertama kali dalam bagian Kejuaraan Dunia Bilutangkis Junior pada tahun 2000, yaitu bertempat di Guangzhou, Tiongkok. Tetapi turnamen tersebut belum dikenal sebagai Piala Suhandinata pada saat itu Friends.

Barulah pada tahun 2008, melalui Council Meeting Badminton World Federation (BWF), turnamen World Junior Team Championship resmi berganti nama menjadi Suhandinata Cup. Setahun kemudian, untuk pertama kalinya piala Suhandinata diperebutkan pada turnamen beregu campuran junior. Tiongkok menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut setelah menaklukan tuan rumah Malaysia 3-0 di babak final.

Setelah tau siapa sosok dibalik nama piala Suhandinata, sekarang kita bahas makna dibalik setiap simbol serta ornamen yang terukir pada Piala Suhandinata. Mulai dari bagian atas hingga bagian bawah piala yang masih banyak diketahui oleh khalayak umum.

Piala Suhandinata Cup terbuat dari perak berlapis emas dengan berat sekitar 6 kilogram dan tinggi 80 sentimeter sebagai lambing prestasi juara. Piala tersebut merupakan karya dari Yose Sulawu, alumnus ISI Yogyakarta. Yose Sulawu terpilih menjadi perancang Piala Suhandinata lewat sebuah sayembara. Sementara pembuatannya dilakukan oleh seniman asal Ubud, Bali, Rumi Gallery.

1. Puncak Piala

Bagian puncak piala terdapat patung Garuda Wisnu Kencana. Melambangkan keberanian serta fair play. Suharso Suhandinata sendirilah yang meminta agar Garuda Wisnu Kencana menjadi bagian dari Piala Suhandinata.

2. Penutup piala

Tapat dibawah patuh Garuda Wisnu Kencana ada bola dunia yang menjadi penutup piala. Bola dunia melambangkan Piala Suhandinata yang diperebutkan pada turnamen tingkat dunia. Sednagkan ornamen api di sekeliling bola dunia melambangkan semngat untuk menjadi yang terbaik dan semangat dalam pertandingan bulutangkis itu sendiri.

3. Leher Piala

Pada bagian leher piala terdapat ornament berentuk bulu shuttle cock yang melambangkan olahraga bulutangkis. Jumlah bulu shuttlecock pada piala tersebut sebanyak delapan yang melambangkan depalapn arah mata angina dunia sekaligus menandakan olahraga bulutangkis dimaninkan di seluruh dunia.

4. Pegangan Piala

Bentuk pegangan piala yang menyerupai jabatan tangan melambangkan persahabatan antar negara dan atlet dunia. Bagian atas pegangan piala memiliki bentuk yang diambil dari ornamen telinga topeng Barong.

5. Badan Piala

Pada bagian badan piala terdapat gambar Suharso Suhandinata. Gambar Suharso Suhandinata terdapat dalam bingkai berbentuk kepala shuttle cock dan persis di bawahnya terdapat teks “Suhandinata Cup”. Keduanya menunjukkan identitas dari Piala Suhandinata itu sendiri.

6. Bawah Piala

Pada bagian bawah piala, pegangan piala bersatu dengan ornamen bunga kamboja, bunga yang identik dengan Bali. Kuncup bunga melambangkan atlet-atlet junior yang bertanding memperebutkan Piala Suhandinata. Serta ornamen khas Bali menghiasi bagian dasar piala menambah satu lagi identitas Bali yang melekat pada Piala Suhandinata.

Nah, itu dia sedikit tentang sosok dibalik nama dan makna dibalik ornamen piala Suhandinata. Menarik bukan? Dateng dan saksikan langsung yuk perjuangan para atlet masa depan dunia hanya di Blibli.com Yonex-Sunrise World Junior Championships 2017.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY