Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat, inikah sosial media?

Facebook berencana mengubah itu. Facebook meluncurkan Facebook Home. Apa itu Facebook Home? Facebook Home adalah aplikasi yang mendahulukan orang dibanding aplikasi. Apa bedanya dengan aplikasi Facebook yang sudah beredar? Kenapa kita perlu ini?

Kebiasaan kita, pengguna smartphone adalah menggunakan apps, applikasi. Semakin banyak apps yang kita punya, terasa lebih pintar kita. Apalagi, Social Media. Selain Facebook, sebut saja Twitter, Path, Instagram, Pinterest, Tumblr, Google+, YouTube, Vimeo, Vine, Blogger, WordPress, LinkedIn, Foursquare, Untappd, Burpple dan puluhan apps untuk chat. Ada yang tertinggal?

Cara bekerja diatas adalah yang Facebook maksud “berdasarkan apps”, yang Facebook Home tawarkan adalah “berdasarkan orang”. Contoh, kebiasaan kita adalah masuk ke suatu apps, yang beragam itu, lakukan apa yang kita lakukan di app itu (memfoto, menulis, apapun itu), baru memilih kontak yang bersangkutan. Nah, Facebook Home membalikkannya. Tentukan kontak, baru pilih apps. Prinsipnya adalah, kontak diatas apps. Kontak, teman, kenalan, kolega, keluarga, apapun itu. Wait, I should have put family first, shouldn’t I? :}

Facebook Home saat ini hanya akan di launch di HTC First yang berbasis Android dengan harga $99 di AT&T (dengan kontrak). Ke depannya, Facebook Home akan ada di beberapa device premium Android lainnya. Eksklusifitas ini jelas menguntungkan Android dan HTC. HTC, yang mengalami penundaan dari peluncuran HTC One harusnya bisa memanfaatkan momentum kolaborasi Facebook Home dan HTC.

Ini total mengubah user experience. Buat pengguna Android, Facebook Home adalah aplikasi yang ditumpuk di atas semua aplikasi lain. Menggunakan format Full Screen, hilanglah status bar Android. Halaman utama akan diisi foto dari status teman Facebook kita. Facebook Messenger bisa dari mana saja  Itu sedikit dari puluhan contoh, segitu banyaknya perbedaan.

Saya lempar lagi pertanyaan ke Anda, seberapa dekat Anda dengan Facebook? Apakah Anda berkomunikasi secara intensif melalui Facebook Messenger? Apakah Anda begitu terbukanya dengan teman-teman Facebook Anda? Apakah Anda tidak pernah merasa risih bila di-tag massal oleh yang berjualan atau mengirim kartu ucapan di Facebook? Bila jawaban dari semua pertanyaan tadi adalah “iya”, maka Facebook Home adalah untuk Anda. Dan apabila Anda tidak sabar menunggu rilisnya di Android lain, maka berangkatlah ke Amerika, beli HTC First dengan provider AT&T.

Atau, tunggu kabar lagi dari Saya dan blibli.com 😉

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY