Hari Minggu (24/7) baru dimulai, tapi Ecopark di Ancol sudah dipadati sejumlah orang. Ada yang bersepeda santai, lari bersama keluarga, atau memanfaatkan sejuknya pagi untuk duduk-duduk santai. Tapi, di satu sudut, ada keriuhan yang berbeda. Sudut itu diisi tenda, panggung, dan musik! Hmm, ada apa ya?

Ternyata, keriuhan itu datang dari Eclectic Fun Day: The biggest e-commerce FUN event in Indonesia yang diselenggarakan Blibli.com. Acara ini merupakan pertandingan fun olympic games yang digelar untuk memperingati anniversary Blibli ke-5. Berbagai e-commerce yang selama ini dikenal karena persaingannya di dunia maya kini bersaing secara sehat di dunia nyata.

"Pertemuan informal dan santai dirasakan perlu untuk menambah kekompakan antar sesama e-commerce melalui kegiatan yang santai dan penuh kebersamaan,” ujar Kusumo Martanto.
“Pertemuan informal dan santai dirasakan perlu untuk menambah kekompakan antar sesama e-commerce melalui kegiatan yang santai dan penuh kebersamaan,” ujar Kusumo Martanto.

Mereka adalah Alfacart.com, Asuransisimasnet, Blanja.com, Kaskus, Lazada, Mitra Garda Oto, OLX, SiBisnis.com, Tiket.com, Adskom, Sprint Asia, dan tentu saja Blibli.com sebagai pihak penyelenggara. Peserta kompetisi ini adalah tim yang terdiri dari 1 CEO (atau pemain dari tingkat manajemen) dan 10 orang staf. Mereka kemudian terbagi dalam beberapa kompetisi yaitu Archery Tag, Volley Balloon, Slow Bike, Karapan Sapi, Inflatable Gladiator, dan Trolley Race.

Beberapa e-commerce ini bahkan mengirimkan 2 hingga 3 tim untuk bertanding. Tak ketinggalan, para CEO juga turun bersama timnya untuk bertanding. Semua e-commerce peserta Eclectic Fun Day melebur dan bertanding tanpa ada rasa permusuhan.

Sebagai satu industri yang baru, para pemain e-commerce bersama-sama mengedukasi masyarakat agar menjadikan e-commerce sebagai bagian dari kemudahan hidup sehari-hari. Eclectic Fun Day ini jadi salah satu lambang kebersamaan dan keakraban.

“Kegiatan ini bertujuan mengajak rekan-rekan e-commerce agar saling mengenal dan semakin akrab dalam bentuk fun olympic games,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto.

Semua e-commerce peserta bersatu menyalakan obor pengobar semangat.
Semua e-commerce peserta bersatu menyalakan obor pengobar semangat.

Setelah parade yel-yel dari masing-masing tim, fun olympic games ini dibuka secara resmi oleh penyulutan obor yang melambangkan semangat persaingan sehat. Tim pun berpisah sementara untuk mendiskusikan strategi masing-masing. Ya, permainan di Eclectic Fun Days tidak hanya mengandalkan otot saja, tapi juga strategi dan kerjasama tim yang baik agar bisa memenangkan setiap game-nya. Kehati-hatian dan konsentrasi juga dibutuhkan di beberapa jenis game.

IMG_6760edit
Tim Lazada melawan Tim Alfacart di game Karapan Sapi, seru!

Salah satu permainan yang jadi favorit adalah Inflatable Gladiator. Hmm, apa itu? Mungkin Friends mengenalnya dengan nama “gebuk guling”. Bedanya, guling yang digunakan sebagai alat memukul berukuran sangat panjang berbahan balon. Area-nya pun dari balon yang aman walau peserta berulang kali jatuh saat terdorong. Tidak hanya mengandalkan kekuatan, permainan ini melibatkan strategi pengaturan peserta hingga bisa memenangkan pertandingan. Orang yang kurus bisa saja bertahan saat memainkan permainan ini, asal punya keseimbangan yang baik.

Ini dia Inflatable Gladiator yang jadi favorit.
Ini dia Inflatable Gladiator yang jadi favorit.

Permainan yang tak kalah seru adalah Archery Tag. Satu tim diwajibkan mengirim 4 perwakilan yang masuk dalam arena pertempuran. Mereka diharuskan menyerang tim lawan menggunakan anak panah yang tersebar di area permainannya. Masalahnya, tim lawan juga menyerang, jadi pemain harus lincah dan taktis dalam melakukan perlawanan. Anggota yang terkena anak panah dinyatakan mati, tapi bisa dihidupkan lagi jika teman satu anggotanya bisa menembak target.

Ngemil tahu gejrot dulu biar stamina terjaga.
Ngemil tahu gejrot dulu biar stamina terjaga.

Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh game penutup, Takeshi War. Jadi, para CEO bergabung untuk menerima serangan sekaligus melakukan perlawanan terhadap anak buahnya. Peserta juga bergabung jadi satu menyerang para CEO yang dipajang di depan panggung. Tenang, mereka saling menyerang menggunakan pistol air kok! Bedanya, para CEO ini dibekali pistol air berukuran lebih besar sekaligus lebih canggih. Permainan ini dimenangkan oleh CEO Blibli.com Kusumo Martanto yang mampu bertahan hingga akhir!

Ini dia pemenang Takeshi War, Kusumo Martanto!
Ini dia pemenang Takeshi War, Kusumo Martanto!

Selain games, Eclectic Fun Days juga diramaikan oleh berbagai hiburan dari unit kegiatan alias ekstrakurikuler Blibli.com mulai dari tari Saman, Voice of Blibli, hingga Blirama, komunitas band beranggotakan kawan-kawan dari customer care. Semua bergembira dan menari bersama saat Blirama ini unjuk gigi.

Menang-kalah tetap rukun dengan jabat tangan.
Menang-kalah tetap rukun dengan jabat tangan.

Perhelatan ditutup oleh pengumuman juara dan pembagian hadiah untuk masing-masing lomba. Psst, ada juga hadiah berupa piala untuk juara umum yang timnya berhasil menang lomba paling banyak. Juara umum Eclectic Fun Day ini jatuh kepada Sprint Asia! Selamat dan terima kasih kawan-kawan!

Selamat untuk Sprint Asia yang memenangkan gelar juara umum.
Selamat untuk Sprint Asia yang memenangkan gelar juara umum.

Perwakilan dari Sprint Asia menyatakan bahwa timnya sangat gembira bisa bergabung dengan Blibli.com dan tim e-commerce lain yang ada di Indonesia. Mereka ternyata menganggap Inflatable Gladiator, Volley Balloon, dan Slow Bike sebagai permainan paling mengesankan.

Muka lelah tapi bahagia seluruh peserta Eclectic Fun Day.
Muka lelah tapi bahagia seluruh peserta Eclectic Fun Day.

Happy birthday, Blibli.com!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

1 COMMENT

LEAVE A REPLY