Photo Courtesy by www.renegadechicks.com
Photo Courtesy by www.renegadechicks.com

Istilah Easy Run ini muncul atau akan kita temui dalam program-program untuk lari. Atau mungkin Anda pernah mendengarnya dari teman-teman Anda, dan bertanya apa sih maksudnya “Easy Run”? Memangnya ada lari yang gampang?

Banyak manfaat yang bisa didapat dari Easy Run ini, seperti:

  1. Meningkatkan kapasitas aerobik
  2. Meningkatkan kapasitas energi
  3. Meningkatkan kekuatan otot
  4. Memperbaiki masa recovery
  5. Menambah ketahanan tubuh / endurance

Tentu saja manfaat-manfaat maksimal tersebut bisa kita dapat tergantung dari seberapa gampang Easy Run Anda. Karena kecerendungannya, kita pelari cenderung membuat Easy Run berat dan membuat Normal Run kita lebih berat lagi. Easy Run seharusnya dilakukan dengan mudah tanpa usaha. Jadi….seperti apa sih Easy Run itu?

Kadar ‘easy’ atau mudah bagi setiap orang tentunya akan berbeda-beda. Ada beberapa cara untuk mengetahui kadar ‘easy’ Anda:

  1. Gunakan Heart  Rate Monitor dan berlari pada kisaran 70% dari kapasitas maksimal heart rate Anda
  2. Atau…ikuti sebuah race atau lomba lari untuk mengetahui performa atau pace maksimal Anda. Dan dari sini bisa kita jadikan patokan bahwa Easy Run Anda akan lebih  lambat kurang lebih sekitar 2-4 menit dari pace 5K race Anda
  3. Terahir adalah cara paling mudah mengetahui Easy Run Anda: lari bersama teman dan mengobrol selama Anda berlari. Bila Anda bisa tetap mengobrol dengan enak, tanpa kehabisan nafas sambil berlari, maka itu adalah Easy Run Anda

Bila Anda sudah merasakan dan tahu yang dinamakan Easy Run untuk Anda pribadi, maka dengan mudah Anda melakukannya di waktu kedepannya. Yang harus diingat: Easy Run seharusnya easy atau mudah untuk dilakukan.

Dan sebagai penunjang penampilan untuk Easy Run Anda, blibli.com memberikan berbagai alternatif pilihan kebutuhan lari. Bisa Anda coba langsung dengan meng-klik link ini.

Have a fun run!

 

 


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY