Setahun sekali, seluruh dunia mematikan lampu bergiliran selama satu jam untuk menghemat energi.

 

Gerakan Earth Hour dimulai pada tahun 2007 di Sydney, Australia dan sejak itu telah menginspirasi bebagai belahan dunia. Meskipun diakui bukan merupakan gerakan yang dapat langsung menghasilkan perubahan besar, namun partisipasi di Earth Hour diharapkan dapat mendorong orang untuk menghemat energi dalam kehidupan sehari-harinya dan bukan hanya dalam satu jam yang ditentukan.

Jadi, matikan lampu yang tidak digunakan selama satu jam dan ambil bagian dari acara penghematan energi yang dirayakan seluruh dunia. Even better, singkirkan gadget dan semua peralatan elektronik Anda dan gunakan kesempatan ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Caranya?

 

– Bawa tenda ke teras rumah dan lihat bintang bersama keluarga.

toyville_disney-tent-sofia-the-first-playhut-tent_full01

– Untuk anak yang lebih besar, gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan tentang mencintai lingkungan, dan bagaimana menjaganya hanya dengan hal yang simple seperti mematikan lampu dan TV saat tidak digunakan.

olday_olday-permainan-papan-catur-kaca-mainan-anak_full01

-Ajak anak main catur atau permainan lainnya disinari cahaya lilin. Sekali-sekali boleh dong kita libur dari gadget dan kembali memainkan yang tradisional.

winfun_winfun-bright-bunny-rattle-0610-01_full01

– Main musik. Bawa gitar, rattle, atau mainan yang berbunyi ke teras dan ajak anak bernyanyi.

 

– Shadow Puppet. Nyalakan lilin di dekat dinding dan mulailah membuat cerita dari bayangan.

 

Jika anak anda masih terlalu kecil untuk bangun jam 8.30, buatlah Earth Hour sendiri di rumah Anda, majukan satu jam atau ajak anak Anda menikmati perubahan dari sore ke malam sambil menjelaskan tentang bumi dan lingkungan. Bagaimana, apa Anda siap menyayangi bumi sekaligus mengedukasi anak?

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY