Dunia motor balap baru saja kehilangan desainer hebat yang dimilikinya pada akhir minggu ini. Dia adalah Massimo Tamburini, orang yang berada dibalik lekukan Ducati 916 Superbike, MV Agusta F4 dan otak tampilan dari berbagai motor balap keren lainnya akibat kanker.

Bersama dua orang teman, Tamburini yang ‘menutup mata’ pada umur 70 tahun adalah penemu motor high-performance asal Italia, Bimota di tahun 70-an. Lalu dirinya pindah ke Cagiva di tahun 80-an saat perusahaan miliknya tersebut dimiliki Ducati. Dirinya pun menjadi desainer bagi dua perusahaan tersebut.

ducati-916-3
Berkat dirinya, Ducati 916 jadi motor dengan tampilan indah, dengan kombinasi semi-exposed frame, single-sided rear swing arm dan punya knalpot kolong yang mempesona. Alhasil, hal tersebut pun dipakai untuk beberapa desain Ducati setelahnya.

MV_Agusta_F4_1000Tamburini_2006_01_1920x1200
Terakhir, dirinya mendesain MV Agusta F4 yang tampil gahar dengan empat knalpot di bawah tempat duduk. Dirinya pun berhenti dari dunia desain motor di tahun 2008.

Yap, desain buatannya memang sangat mengena di hati para penyuka motor balap Italia. Seperti yang dilansir Asphalt and Rubber, hasil karya Tamburini bahkan telah masuk pameran ‘The Art of the Motorcycle’ di Guggenheim Musem.

fogarty-wheelie
Saat berada di masa jaya tahun 1994-1998, motor Ducati 916 Superbike hasil desain sang maestro pun telah merasakan 38 kemenangan bersama pebalap asal Inggris, Carl Fogarty yang biasa dipanggil Foggy. Hm, lalu bagaimana ya, dengan desain motor Ducati sekarang sepeninggalan Tamburini?

Nah, kalian bisa melihat langsung motor Superbike dengan cara menonton langsung Superbike di Sirkuit Sepang, Malaysia, lho! Caranya mudah! Tinggal klik disini, dan kalian akan mendapat berbagai penawaran menarik dari Blibli.com!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY