Photo Courtesy by www.tripadvisor.co.id
Photo Courtesy by www.tripadvisor.co.id

Halo!

Akhir Mei sudah tiba, kita akan memasuki bulan Juni, kamu tau dong ini berarti bulan apa… Ya! ini bulan liburan. Mari kita sudah mulai membuat daftar destinasi apa saja yang perlu kita kunjungi dan eksplor. Semoga saja curah hujan kali ini tidak menganggu perjalanan kita. Yuk mari kita mulai..

Untuk kamu yang suka pantai, ada beberapa rekomendasi pulau-pulau yang nggak jauh dari jakarta untuk kamu coba kunjungi di akhir pekan ini. Berikut kutipan wikipedia-nya kepulauan Seribu yang dijamin bikin kamu ingin pergi kesana.

Pulau Kahyangan
Di pulau ini terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC.

Pulau Bidadari
Cottage apung bergaya etnik Manado merupakan ciri khas pulau resor yang terdekat dari Marina Ancol. Di pulau ini terdapat reruntuhan benteng Belanda yang bernama Martello Tower

Pulau Edam
Disebut juga pulau Monyet, Letaknya tidak jauh dari Tanjung priok. Di pulau ini berdiri tegak sebuah mercusuar yang disebut Vast Licht, setinggi 65 meter.

Pulau Kelor
Jaraknya ke Pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer (km) atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. Terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke-17.

Pulau Rambut
Pulau Rambut terkenal juga dengan nama Pulau Kerajaan Burung. Luasnya 45 hektare. Pulau ini ditumbuhi hutan bakau yang rimbun serta terumbu karang yang sangat indah. Diperkirakan sekitar 20.000 burung hidup di pulau ini.

Pulau Ayer
Adalah pulau resor yang jaraknya hanya 14 km (30 menit) dari Marina Ancol. Pulau ini memiliki Cottage apung di atas air dengan gaya etnik Papua yang memiliki fasilitas memancing di waktu malam, jet ski dan banana boat.

Pulau Puteri
Pulau Puteri terletak disebelah utara Kepulauan Seribu. Letak Pulau Puteri terasing dan menyendiri dari pulau-pulau yang lain. Terdapat akuarium ikan hias, akuarium bawah laut, lapangan tenis, dan biawak di kebun binatang mini. Letak pulau ini yang cukup jauh dari Jakarta menjadikan laut di sekitar pulau ini ideal untuk berenang, snorkeling, dan menyelam.

Photo Courtesy by www.tripadvisor.co.id
Photo Courtesy by www.tripadvisor.co.id

Pulau Matahari
Pulau Matahari memiliki cottage bertingkat dua dengan kamar yang mewah, dan fasilitas olah raga air dan memancing. Pulau Matahari memiliki helipad untuk tamu resor yang datang dengan helikopter.

Pulau Sepa
Pulau ini merupakan tempat latihan menyelam bagi penyelam pemula untuk mendapatkan open water certificate. Pulau yang jaraknya sekitar satu setengah jam dari Marina Ancol ini terkenal sebagai tempat ideal untuk berenang, menyelam, snorkeling, atau memancing. Di pulau ini tersedia fasilitas olahraga air dan penyewaan peralatan menyelam.

Pulau Pantara Barat dan Pantara Timur
Kedua pulau ini terkenal sebagai tempat ideal untuk menyelam dan snorkeling. Pulau yang jaraknya sekitar 2 jam dari Marina Ancol ini dulunya dikenal sebagai Pulau Hantu. Di pulau ini tersedia kolam renang, dan fasilitas olah raga air seperti jet ski, windsurfing dan banana boat.

Pulau Bira Besar
Pulau Bira mempunyai lapangan golf 9 hole, kolam renang, sepeda untuk berkeliling pulau, tempat bermain anak-anak dan tempat memancing. Pulau ini jaraknya 100 km dari Marina Ancol.

Pulau Kotok
Pulau Kotok merupakan tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta.

Pulau Pelangi
Jarak pulau ini dari Pantai Marina, Ancol, sekitar 108 km. Di pulau ini tersedia pondok wisata juga beberapa restoran yang terletak di daratan maupun yang terapung.

Pulau Laki
Pulau Laki merupakan kawasan wisata laut yang dibuka pada tahun 1988. Luas Pulau Laki sekitar 30 hektare. Untuk menuju ke Pulau Laki, lebih praktis apabila naik kapal motor dari Pantai Mauk, Sepatan, Tangerang. Di Pulau Laki Besar dan Laki Kecil tersedia tempat perkemahan.

Pulau Pamagaran
Luas pulau ini sekitar 16 hektare dengan cincin terumbu karang yang melebar sejauh satu kilometer ke tengah laut yang mengelilingi pulau ini. Panjangnya 1,7 kilometer. Bagian terlebar 300 meter dan tersempit sekitar 40 meter. Di bagian tersempit didirikan bangunan segi enam sebagai fasilitas penginapan.

Pulau Sabira
Pulau Sabira merupakan pulau yang terletak paling utara di antara pulau-pulau lain Terdapat sebuah mercusuar setinggi 60 meter di pulau ini. Mercusuar itu dibangun atas perintah Raja ZM Willem III pada tahun 1869.

Pulau Saktu dan Pulau Penike
Letaknya 81 kilometer dari Pantai Ancol. Untuk mencapainya dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok dibutuhkan waktu tiga jam. Pulau Saktu mempunyai pemandangan menakjubkan, dikelilingi oleh pantai yang berpasir putih dengan nyiur dan laguna khas daerah tropis. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar setinggi 60 meter yang dibuat oleh seorang ahli dari Indonesia pada tahun 1981.

Photo Courtesy by www.shafiratour.com
Photo Courtesy by www.shafiratour.com

Gimana? Rasanya nggak cukup kalau cuma dibahas saja ya? Mari siapkan pulau mana saja yang kamu hendak kunjungi!


15 COMMENTS

    • Halo April, Yes saya juga jadi ingin ngunjungin semuanya hehe..
      Rekomen dari saya coba pulau Bira Besar dan Pulau Macan yaa..View yang speechless!

    • Halo Yorry,
      Bisa aja lewat teman saya, tapi sekarang banyak yang menawarkan jasa grup travel ke Ujung Kulon. Coba search di google deh..dan kira-kira kemarin saya habis 800rban kesana. Tapi min 10 orang 🙂

    • Hola gan, Ayer itu kurang menurut gue untuk snorkel spot, tapi katanya bisa mancing disana, coba tanya guidenya deh. Ada di paket katanya. Kalo mau abis itu ke Karang Sempit atau Pari. Tapi sepengalaman gue, lebih baik ke Pulau Macan ya. dia bagus maintenance nya. Semoga membantu!

    • Halo Wulan, Kira-kira kamu bisa habis 3 jutaan untuk kesana, itu sudah termasuk tiket pessawat, hotel, kapal putar antara pulau, snorkeling, dan antar jemput. Kec kamu mendarat langsung di Belitung, kamu bisa mencapai budget ini. Tapi kalau dari Bangka, bisa tambah 200 – 400 untuk biaya kapal feri untuk menyebrang selama 2 jam lebih. Semoga bermaanfaat infonya 🙂

    • Halo salam kenal juga…dari tiga yang disebutkan, semuanya bagus-bagus. tapi memang yang paling jauh dan sepi itu pulau macan. Tapi semua ini tergantung bugdet perjalanan Hans. Misal: cuman mau keluar uang dibawah 700, itu bisa ke pari atau pantara. nah sedangkan kalo ada budget diatas sejuta, bisa langsung ke Pulau macan. semoga bermanfaat!

  1. Ok terima kasih udah dijawab sob. ada satu lagi nih pertanyaan, kan gan khiva bilang ke pantara bisa di bawah 700rb, tapi ko kalo pake travel rata2 harganya 1,9jt ya? supaya bisa bajet dibawah 1jt buat ke pantara saya ga usah pakai jasa travel atau gimana ya? trus kalo saya mau booking penginapan sendiri gan khiva tau harus kemana ga supaya kita ga terlantar tidur di pantai? mohon pencerahannya, terima kasih.

    • Ok Hans, kalau saran saya gak usah pakai jasa travel, karena mereka sudah masukin harga untuk mereka juga. istilahnya sudah di mark up. Karena saya kebiasaan traveling tanpa travel agent jadi apa-apa saya cari sendiri, lebih murah. Plus akan jadi tantangan sendiri. Kalau Pantara memang tergantung musim, banyak yang bilang seperti itu. Untuk penginapan sendiri biasanya kalau datang langsung suka ada-ada saja. Atau coba di google. Bahkan di pulau macan bisa mencapai 3 juta ko pakai travel agent. Jadi semua itu tergantung dari Hans sendiri, mau naik dari pelabuhan mana, budget berapa, berapa hari, jenis hotel atau rumah penduduknya, dll. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY