Pemain basket profesional bernama lengkap Dwyane Wade Tryone Wade Jr, yang juga dikenal sebagai “D – Wade” atau “Flash”, lahir pada 17 Januari 1982 di kota Chicago, Amerika Serikat. Kenangan puli hadir di benak Wade kecil karena tidak lama setelah kelahirannya, orang tua Wade bercerai, dan Wade harus hidup dengan ibunya. Dia hidup sederhana sampai akhirnya harus mengandalkan bantuan pemerintah.

Namun, pada saat ia berumur 8 tahun, Wade tinggal bersama ayahnya, Dwyane Sr. bersama ibu tiri serta saudara tirinya. Pada saat inilah Wade mulai bermain basket. Kehidupan Wade pun mulai membaik, karena ia tidak lagi tinggal di wilayah kumuh dan banyak tindakan kriminal.

dwyane-wade-junior-high-school

Akhirnya Wade masuk ke Harold L. Richards High School, dimana kakak tirinya yang bernama Demetrius sudah memiliki ketenaran sebagai pemain basket andalan di sekolah tersebut. Dwyane Wade yang awalnya lebih suka bermain American Football, akhirnya mulai bermain basket dan dapat menunjukkan bakatnya. Namun karena nilai akademisnya yang kurang baik, ia hanya mendapatkan sedikit tawaran beasiswa untuk masuk College.

Wade lalu memilih Marquette University di Milwaukee, Wisconsin untuk melanjutkan pendidikannya dan tetap bermain basket. Disini lah karir basket Wade mulai terbentuk. Sebelum menyelesaikan pendidikannya di Universitas ini, Wade pun memutuskan untuk masuk ke NBA. Pada tahun 2003, Wade dipilh pada putaran pertama NBA draft pada urutan ke 5 oleh Miami Heat.

5 Gaya Nyentrik Bintang NBA_Dwayne Wade

Nggak hanya lincah di lapangan, Wade juga tenar lantaran berkarakter. Hal itu dibuktikan dengan masuknya WAde dalam People’s Magazine sebagai salah satu dari 50 most beautiful person, kemudian cara berpakaiannya yang rapih dan stylist membuatnya masuk majalah olahraga bergengsi Sports Illustrated dengan judul Fashionable 50.

Dwyane wade pernah disponsori oleh Nike dan Jordan, sehingga ia memiliki sepatu yang didesign khusus untuk dirinya. Namun Wade sekarang bekerja sama dengan merek dari negara Cina yaitu Li – Ning, dan Wade meluncurkan sendiri merek yang ia namai Way of Wade.

Gaya bermainnya yang sangat suka menerobos pertahanan lawan dengan cepat membuatnya diberi julukan “flash”. Permainannya sangat baik dan mulai membawa Miami Heat menjadi tim kuat, hingga akhirnya pada tahun 2006 Wade menjuarai NBA pertama kali dengan hadirnya Shaquille O’neal pada posisi Center. Pada tahun itu juga Wade mendapatkan gelar NBA Finals MVP.

Shaq Riley Wade

Setelah musim yang baik itu, Wade banyak mengalami cedera, sehingga harus melalui operasi bahu dan dengkul. Karena itu, Miami Heat sempat mengalami beberapa musim yang buruk. Hingga pada tahun 2010 Miami Heat kembali mengguncang NBA dengan hadirnya Chris Bosh serta LeBron James. Dan julukan “The Big Three” pun diberikan.

Dengan tim yang kuat ini, Miami kembali memenangkan 2 NBA finals. Sebuah pencapaian yang hebat, walaupun kemudian LeBron James meninggalkan Miami Heat pada tahun 2014 untuk kembali bergabung di Cleveland Cavaliers.

Miami Heat's LeBron James (C) holds the Bill Russell MVP Trophy as Dwyane Wade (L) holds the Larry O'Brien Trophy while Chris Bosh (2nd R) and Norris Cole celebrate after their team defeated the San Antonio Spurs in Game 7 to win their NBA Finals basketball playoff in Miami, Florida June 20, 2013. REUTERS/Joe Skipper (UNITED STATES - Tags: SPORT BASKETBALL)
REUTERS/Joe Skipper

Setelah ditinggal LeBron James, Miami Heat menjadi tim yang kurang tangguh, ditambah lagi Chris Bosh yang ternyata mengidap suatu penyakit yang sempat membuatnya harus berhenti bermain. Dwyane Wade pun harus berjuang lebih kuat untuk membawa timnya.

Walaupun begitu, Miami Heat tetap menjadi salah satu tim yang kuat di East Conference. Dan pada musim ini, dengan hadirnya Joe Jonhson, dan kembalinya Chris Bosh, membuat Miami Heat tetap menjadi salah satu tim yang ditakuti. Bagaimanakah perlawanan Wade dan Miami Heat dalam playoff musim ini? Pastinya akan seru, dengan kemungkinan juga akan bertemu dengan mantan teman setimnya yaitu LeBron James.

Nah, bagi kamu yang mendukung Miami Heat di Playoff tahun ini, blibli.com sebagai official NBA store partner juga menyediakan merchandise Miami Heat yang bisa kamu lihat dengan klik disini!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY