Crash
pic credit: Marc Landry

Menyenangkan pastinya, udara segar, pemandangan hijau, waktu luang, sepeda gunung andalan, outfit yang tepat dan trek off-road yang menantang. Sebuah kombinasi yang menjadi idaman setiap bangun tidur pagi hari. Ketika kita bersepeda di gunung/trek offroad, selalu menghadirkan sebuah adrenalin tersendiri.

Satu hal yang musti diingat, ibaratnya sebuah koin selalu ada 2 sisi…dibalik kesenangan itu selalu ada bahaya yang mengincar (bila kita tidak berhati-hati). Terutama di gunung/trek off-road karena trek alam ini selalu berubah, baik kontur tanah, posisi bebatuan, maupun cuaca.

Bahaya yang saya maksud disini adalah jatuh dari sepeda. Banyak penyebabnya seperti terlalu memaksakan diri, kurangnya skill, kelelahan badan, dll. Dan bila hal tersebut terjadi, terutama ketika sedang dalam kecepatan tinggi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi cedera yang lebih parah ketika terjatuh:

1. Pilih tempat jatuh yang empuk.
Ini gimana, masa’ jatoh bisa milih tempat? Gini, ketika anda sedang dalam kecepatan tinggi diatas sepeda, semua focus anda pasti akan tercurah di badan dan trek di depan anda…anda pasti akan merasakan bila sesuatu ada yang salah atau akan salah (setidaknya itu yang saya rasakan)…nah ketika momen tersebut terjadi, inilah kesempatan anda untuk memutuskan tindakan selanjutnya. Bila yang dirasakan anda akan jatoh, arahkan badan anda jatoh ke tempat yang paling empuk di sekitar anda. Setidaknya ini akan mengurangi ‘impact’ benturan antara badan dan trek. Memang terkesan mudah ketika membacanya, tapi semua itu terjadi dalam hitungan sepersekian detik. Yang akan membantu untuk mendapatkan ‘feeling’ itu adalah jam terbang yang tinggi dengan sepeda anda.

2. Jauhkan sepeda dari badan.
Ketika terjatuh, satu hal yang anda tidak inginkan adalah ketika sepeda anda ikut meniban badan anda. Sangat disarankan untuk melepas sepeda dan mendorong jauh dari badan anda ketika jatoh. Akan lebih mudah memperbaiki sepeda yang rusak dibanding dengan badan yang rusak.

3. Fleksibel.
Logikanya, sebuah benda yang kaku akan lebih mudah patah ketika terjatuh dibanding dengan benda yang lentur. Situasi tersebut berlaku untuk badan kita juga, jangan menegangkan otot ketika terjatoh. Hal ini bisa meningkatkan tingkat cedera. Coba untuk lentur mengikuti arah jatuh badan.

Dan akan sangat bijaksana bila setelah anda terjatoh parah, untuk memeriksakannya ke dokter. Tindakan ini dilakukan untuk menjegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya, karena kita tidak bisa melihat luka yang didalam. Kita hanya bisa melihat luka dikulit luar saja.

Diluar hal-hal diatas, ada berapa hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan seperti:
1. Pemanasan dan stretching atau peregangan yang cukup. Peregangan yang dilakukan dengan benar dan cukup dapat meningkatkan kekuatan otot, tingkat fleksibilitas otot dan konsentrasi.
2. Cek kondisi sepeda, pastikan semua memang berfungsi dengan layak.
3. Gunakan pelindung yang layak dan sesuai ukuran kita, seperti helm, elbow pad, knee pad, dll.

Ngomong-ngomong soal pelindung, di blibli.com juga menyediakan pilihan-pilhan dari beberapa brand terkenal seperti: FOX, Limar, Xzone, Polygon, dll. Yang menyenangkan, untuk beberapa produk tertentu sedang ada diskon atau promo menyenangkan. Boleh dicek di SINI.

1 COMMENT

  1. kalo menurutku harga 1,8jt munikgn udah dapet soner g700i atw g800i..g700i: kamera 3,x mpix, 3g,g800i: kamera 5 mpix, 3g, nd wifi kduanya sudah memiliki flash.sedangkan untuk urusan office keduanya juga sudah mendukung .apalagi kedua ponsel tersebut sudah ber OS symbian UIQ

LEAVE A REPLY