Mungkin beberapa dari kita sudah pernah mendengar nama seperti DropBox, Google Drive, Cuddy, Box, SkyDrive dan iCloud. Mereka adalah contoh layanan Cloud Storage yang sudah cukup terkenal di pasaran.Β Apa sebenarnya Cloud Storage?

Pada dasarnya, cloud storage adalah tempat penyimpanan di dunia maya. Hal ini menjadi krusial karena meningkatnya tingkat mobilitas pengguna dunia teknologi. Iya, kekurangannya adalah kita harus online, namun, dimanakah kita tidak online? Banyak faktor lain yang memperkuat alasan tumbuhnya Cloud Storage seperti mereka seperti murahnya harga storage. Ingat jamannya dimana IBM membutuhkan pesawat terbang untuk mengangkut 50MB storage. Saat ini? 32GB sudah bisa didapatkan dengan uang dibawah Rp500 ribu.

Sebetulnya, perlukah kita mulai secara serius memikirkan memiliki Cloud Storage? Sampai sejauh apakah kita harus terjun ke dalamnya? Gratisan? Invite teman? Membayar? Lalu, Cloud Storage yang mana yang harus dipilih?

Β Cloud Storage

Well, saya bukan ahlinya, maka saya mencoba semuanya yang saya sebutkan diatas tadi untuk mengetahui apakah saya sudah memerlukannya atau belum. Saya mobile. Bergerak menggunakan 1 laptop, 2 smartphone & 1 tablet. Agak berlebihan mungkin, tapi yaa.. demi menjawab rasa ingin tahu. Semua Cloud Storage diatas menyediakan layanan beberapa GB pertama gratis, dengan tambahan 500MB per invite yang disetujui. DropBox contohnya, bekerja sama dengan beberapa vendor smartphone seperti Samsung & HTC yang memberikan saya 50GB saat saya mencoba Galaxy Note II & 25 GB HTC One selama 2 tahun. <– one of the perks of being a gadget reviewer πŸ˜›

Google Drive mengambil angle yang menarik, mereka disatukan dengan aplikasi office yang mereka sediakan sendiri secara online, semacam ada Office-nya sendiri. Sedangkan SkyDrive adalah bayinya Microsoft, yang mereka kuatkan dengan mengintegrasikannya dengan Windows, Windows Phone dan Microsoft Office. Mereka memiliki kelebihan masing-masing (Sambil melupakan Cubby & Box).

Saya aktif memakai DropBox, Google Drive & SkyDrive, in that order. Dengan DropBox sebagai tempat menyimpan foto secara otomatis, Google Drive untuk berbagi file office dan SkyDrive untuk Lumia saya. Jadi jawabnya, saya butuh. Pada dasarnya untuk 2 hal, back up file penting, dan mobilitas.

Lalu apa itu saja? well, dengan duit yang lebih, kita pun bisa membuat NAS (Network Attached Storage) sendiri, Cloud Storage sendiri! Bagaimana? I’ll explain it in another chance πŸ˜€

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY