Untuk menghasilkan masakan yang enak dan juga sehat, alangkah baiknya jika membeli bumbu dapur yang masih segar. Dengan begitu Anda dapat menyimpannya dalam jangka waktu lama. Ditambah, dalam bulan Ramadhan ini anda harus efektif dalam memilih sesuatu. Karena, di bulan Ramadhan, kebutuhan memang cenderung meningkat.

Nah, agar kebutuhan di dapur efektif Anda harus pandai memilih bumbu dapur! Yuk, baca tips di bawah ini.

Cabai merah
Cabai merah

1. Bawang merah

Cari bawang merah yang masih keras, tanpa noda hitam dan tidak basah. Untuk menjaga kesegarannya, bawang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Agar tahan lama, bawang sebaiknya digantung menggunakan jaring. Jika ada waktu, Anda sesekali dapat menjemurnya di bawah sinar matahari.

2. Bawang putih

Bawang putih yang bagus memiliki bentuk yang keras dan berwarna putih gading. Aroma bawang putih satuan juga biasanya lebih kuat daripada yang berkelompok. Sama seperti bawang merah, bawang putih sebisa mungkin tidak diletakkan di lemari es dan disimpan dengan cara digantung.

3. Cabai merah

Pilih cabai yang bentuknya lurus dan berwarna merah terang. Cek pula batangnya. Pastikan batangnya masih segar dan melekat sempurna pada cabai. Jika ingin menyimpannya di lemari pendingin, Anda sebaiknya tidak membungkus cabai dengan plastik karena akan membuatnya lekas busuk.Β  Cabai yang disimpan di kulkas bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 minggu.

4. Lengkuas

Untuk mengetahui lengkuas yang bagus, Anda perlu menekannya. Lengkuas yang bagus tidak kering, tidak terlalu keras, tapi juga tidak terlalu lembek atau busuk. Supaya mudah dikupas, pilih yang tidak banyak cabangnya. Lengkuas sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

Keempat bahan di atas biasa digunakan untuk membuat bumbu dasar. Pastikan Anda memilihnya dengan baik agar tidak merusak rasa dan aroma bumbu dasar yang dibuat. Selamat berbelanja!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY