Ban Blibli

Friends, pilih ban untuk dipasangkan dengan velg mobil ternyata tidak bisa dilihat dari tampilan fisik dan alur tapaknya saja. Ban juga punya spesifikasi yang semuanya sudah tertera di kode. Ternyata, kode ban tertera di tepi luarnya. Kode Β ini terbagi dalam 6 bagian yang masing-masing punya kode khusus.

Misalnya ada kode 205/65R1596S yang ternyata terbagi jadi enam, yaitu 205, 65, R, 15, 94, dan S. Apa itu? Ini dia arti angka dan huruf bagian ini.

205

205 ban

Angka ini menunjukkan lebar ban dalam satuan millimeter (mm). Maka, lebar ban ini 205mm.

65

65 ban

Angka ini menunjukkan Aspek Rasio yang biasanya menggunakan persentase (%). Aspek rasio ini merupakan perbandingan antara tinggi dan lebar ban dikali 100%. Jadi, Aspek Rasio ban tersebut adalah 65%. Semakin besar aspek rasio ban, tingat kenyamanan akan semakin baik, tapi kemampuan untuk membelok kurang baik. Ban ini cocok untuk kendaraan penumpang yang butuh kenyamanan. Sebaliknya, semakin kecil aspek rasio, semakin tipis dimensinya.

R

R kode ban

Huruf ini menunjukkan kalau ban punya konstruksi Radial. Radial artinya ban menggunakan serat baja Β sebagai konstruksi, punya struktur melebar ke kanan dan kiri sehingga panas dan bebannya terdistribusi rata, dan punya tingkat keamanan pada kecepatan tinggi karena sisi ban dapat meredam tekstur permukaan jalan. Oh iya, ada juga ban yang punya konstruksi slick yang biasanya dipakai untuk ban balap.

15

15 kode ban

Angka ini menunjukkan diameter velg yang bisa digunakan. Jadi di kode ini diameter velg yang harus digunakan adalah 15 inci. Jika kurang atau lebih, maka tidak akan bisa dipasangkan dengan ban.

Itu dia Friends panduan bagi kamu untuk membaca kode ban. Ngomong-ngomong soal ban, Blibli.com tengah mengadakan promo diskon 40% dan beli 3 gratis 1. Pas banget buat kamu yang mau upgrade! Informasi soal promo dan tambahannya bisa dicek di sini.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY