Keamanan motor

Kasus pencurian sepeda motor sampai saat ini masih banyak terjadi. Menurut data Polda Metro Jaya, di Jakarta rata-rata terjadi 14 pencurian sepeda motor dalam sehari. Artinya sekitar 1,5 jam sekali terjadi pencurian seperda motor. Miris ya Friends melihat data tersebut. Itu baru di Jakarta ya.

Selain masih adanya tangan-tangan jail dan niat jahat, faktor keteledoran pemilik sepeda motor terkadang menjadi penyebab pencurian sepeda motor. Ingat kata Bang Napi, “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku. Tapi juga karena adanya kesempatan. Wasapadah!”

Pesan pembawa acara di TV tersebut mungkin sudah dianggap sebuah candaan, tapi memang faktanya begitu. Bila pelaku kejahatan mempunyai niat mencuri motor, tapi kesempatan tidak ada, rasanya tidak akan terjadi pencurian.

Untuk menghindari pencurian sepeda motor, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan Friends.

Parkir di tempat resmi

Parkirkan selalu motormu di tempat parkir resmi, jangan di parkir liar pinggir jalan. Parkir resmi sekarang ini umumnya dilengkapi dengan CCTV dan saat keluar parkir, petugas akan melakukan pemindaian digital dan pencocokan foto kendaraanmu di komputer. Hal ini cukup efektif untuk mencegah pemalsuan kartu parkir dan mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor.

Tambahkan kunci pengaman

Kunci pengaman

Meskipun kamu sudah memarkir kendaraan di tempat parkir resmi, sebaiknya kamu menambahkan kunci pengalaman di motormu. Salah satu jenis kunci pengaman yang bisa kamu gunakan adalah kunci rem cakram. Kunci ini akan mencegah roda berputar, karena kunci akan tertahan blok kaliper rem. Meskipun motor kamu bisa dinyalakan, bila kunci rem cakram ini tidak dilepas, motor tidak akan bisa berjalan.

Pasangi alarm

Alarm motor

Selain kunci rem cakram, kamu bisa memasang alarm di motor, Friends. Alarm ini fungsinya sama dengan alarm mobil. Bila kunci motor dibuka dengan paksa, maka alarm akan berbunyi dan akan menarik perhatian orang di sekitarnya. Tapi ingat, pasang alarm yang berkualitas, contohnya yang seperti ini ini . Alarm yang kualitasnya kurang bagus terkadang membuat arus listrik terhambat dan motor menjadi sulit dihidupkan.

Selalu waspada

Kebanyakan orang bertindak waspada ketika berada di tempat umum. Misalnya di parkiran mal atau stasiun dengan memasang kunci tambahan. Tapi ketika berada di rumah, kadang mereka justru kurang waspada, karena motor berada dalam pengawasan langsung. Jangan berpikir seperti ini Friends. Banyak kasus pecurian sepeda motor terjadi di rumah sendiri, karena pemilik tidak memasang kunci pengaman yang mereka miliki. Jadi tetap waspa di mana pun kamu berada ya Friends.

Bila kamu sudah menerapkan empat hal di atas, rasanya risiko kehilangan sepeda motor bisa diminimalkan Friends. Pencuri akan berpikir dua kali bila motormu dilengkapi dengan kunci ganda apalagi terpasang alarm. Hati pun lebih aman ketika motor diparkir di tempat parkir umum atau di halaman rumah.

Bila tertarik dengan kunci pengaman dan alarm untuk sepeda motor, kunjungi saja Blibli.com Friends. Kamu bisa memesan barang dengan Pembelian Melalui Apps. Jadi kamu bisa memesan barang tanpa harus keluar rumah. Selain itu ada juga fasilitas Cicilan 0% dari Blibli.com. Mudah dan menyenangkan bukan? Ayo segera kunjungi Blibli.com, Friends.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY