Perkembangan industri gaming yang pesat sampai saat ini secara otomatis membuat produsen alat elektronik gaming termasuk netbook alias laptop untuk bermain game terus memperbarui produk dan meningkatkan layanannya.

Terbukti, Xenom yang merupakan merk notebook gaming lokal pertama di Indonesia telah meluncurkan produk terbaru mereka lewat Xenom Siren 14i pada (26/6) lalu.

XenomDokumentasi-00125

Nggak tanggung-tanggung, brand yang telah eksis sejak 2013 ini mengklaim Xenom Siren SR14i sebagai laptop merek lokal di Indonesia yang mengadopsi Integrated GPU terkuat dari Intel, yaitu Intel® Iris™ Pro Graphics 5200.

“Xenom Siren SR14i dibuat khusus bagi para profesional yang membutuhkan kinerja dan performa laptop yang tinggi. Laptop ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan gaming berdefinisi tinggi serta bekerja mobile, di mana dan kapan saja,” ujar Rolly Edward, General Manager PT Xenom Indonesia saat acara peluncuran.

Hm, memang apa saja sih, kriteria memilih laptop yang tepat untuk main game. Apa Xenom Siren SR14i bisa dijadikan pilihan yang tepat? Let’s check it out!

1. Processor

Proccesor yang merupakan otak komputer jelas jadi pilihan utama untuk laptop game. Karena, kalau otaknya cerdas pasti kerja laptop game juga ringan. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih processor adalah pilih processor dengan cache yang besar karena semakin besar semakin bagus. Selain itu, clockspeed dari processor tersebut harus di antara 2 – 3 GHz.

2. VGA Card / Kartu Grafis

Harus diakui jika VGA card memiliki peran penting dalam merender grafis. Karena, setinggi apapun spek laptop jika kartu grafisnya lemah maka akan terjadi lag dan bahkan bisa bottleneck. Lalu bagaimana menentukan VGA yang tepat? Untuk laptop pastikan memiliki VGA eksternal jangan membeli laptop dengan VGA internal untuk gaming misal Intel HD Graphic. Berikutnya, pastikan juga VGA memiliki resolusi yang bagus yakni 256bit lebih.

3. RAM (Random Acces Memory)

RAM penting karena dibutuhkan untuk menjalankan semua program, software maupun game, karena berfungsi sebagai memory sementara. RAM yang terlalu kecil sangat tidak nyaman untuk bermain game selain bisa lag juga bisa membuat game berjalan lambat.

Untuk 3 kriteria di atas, pada notebook Xenom Siren SR14i, Intel® Iris™ Pro Graphics 5200 hadir dengan memori eDRAM berkapasitas 128 MB dan Intel Dynamic Video Memory Technology, yang mampu menyuguhkan performa dua kali lebih cepat dari generasi terbaru GPU lain, mendukung Intel Quick Sync Video, serta decode dan transcoding JPEG/MPEG lebih mulus.

Kombinasi GPU terintegrasi Intel® Iris™ Pro Graphics 5200 dan prosesor Intel Core i7 4750HQ pun diklaim mampu memberikan peningkatan grafis hingga 75 persen lebih tajam dan cepat dibandingkan Intel Graphic versi sebelumnya.

4. Hardisk Storage (HDD dan SDD)

Perkembangan game terbaru yang saat ini ukurannya besar-besar membuat pemilihan laptop dengan hardisk yang lebih besar pula jadi pertimbangan penting.

Beruntung pada Xenom Siren SR14i, selain memori DDR3 SDRAM 1600MHz berkapasitas 8 GB untuk menangani berbagai proses, Xenom juga membenamkan SSD mSATA sebesar 128 GB. So, processing lebih cepat dan lebih ringan untuk menunjang mobilitas sudah jadi jaminan, kan?

5. Display

Display menjadi penting untuk kenyamanan bermain bagi para gamer. Karena, setinggi apapun kartu grafis jika Displaynya buruk maka gamer tidak akan bisa menikmati tampilan dan efek yang bagus.

Sedangkan, kualitas layar Xenom Siren SR14i sangat mumpuni karena berbekal teknologi IPS Panel 16:9 Wide screen beresolusi HD+ (1600×900) dengan LED-Backlit Display dan layar Full-HD (1920×1080) untuk model yang lebih tinggi (Advance spec).

“Kekuatan grafis yang tajam dan jernih membuat Siren SR14i cocok bagi gamer freak ataupun pekerja kreatif seperti desainer grafis, video editor, animator 3D hingga arsitek. Ketahanan baterai juga ditambah hingga lima jam aktif, di atas rata-rata notebook yang hanya bertahan hingga 3-4 jam,” tutur Rolly Edward.

Sementara, jika berbicara tentang konektivitas, akses nirkabel Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth Combo Module telah ditanamkan pada Siren SR14i. Bahkan untuk keperluan video chatting, terdapat kamera built-in berkualitas HD, lengkap dengan 1 built-in microphone dan 2 built-in speaker.

“Tiap pembelian Xenom Siren SR14i, pelanggan berhak mendapatkan sistem operasi Windows 8 Profesional berlisensi. Untuk layanan purna jual, pelanggan tidak perlu khawatir. Karena Xenom masih menyediakan garansi yang sama, yaitu dua tahun full spare parts dan technical support,” tambah Rolly Edward.

Bagi yang penasaran, Xenom Siren SR14i telah tersedia di pasar Indonesia dan dapat dibeli di Blibli.com. Harga resmi Siren SR14i mulai dari Rp15,49 juta untuk model Basic Spec dan Rp16,49 juta untuk model Advance Spec.

XenomDokumentasi-00160

Atau bisa juga datang langsung ke Ruko Cempaka Mas Blok I no 5, Jalan Letjen Suprapto Kemayoran, Jakarta Pusat yang merupakan lokasi Xenom Showroom pertama di Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin melihat koleksi Xenom yang lain, simak pilihan di bawah ini!

pemmz_xenom-siren-sr13c-dl02-core-i7-gray_gray_full01.jpg.pagespeed.ce.T37c0UvLBh

XENOM Siren SR13C-DL02 (Core i7) Grey

pemmz_xenom-shiva-sv17c-dl02-core-i7-gray_gray_full01

XENOM Shiva SV17C-DL02 (Core i7) Grey

pemmz_xenom-phoenix-px15c-dl02-gtx780m-4gb-black_black_full01

XENOM Phoenix PX15C-DL02 (GTX780M 4GB) Black

pemmz_xenom-hercules-hc17s-dl01-amd8970m-cfx-black_black_full01.jpg.pagespeed.ce.XPTUqzMC2k

XENOM Hercules HC17S-DL01 (AMD8970M CFX) Black

pemmz_xenom-pegasus-ps15c-x2-dl04-core-i3-black_black_full01

XENOM Pegasus PS15C-X2-DL04 (Core i3) Black

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY