Flash Kamera

Lebaran adalah momen berkumpul bersama keluarga. Dokumentasi foto bisa jadi kenangan yang akan terus bertahan lama. Tapi kalau foto kurang bercahaya, berbayang, dan yang tampak malah bayangan orang-orang nggak jelas wajahnya, sayang kan? Hayo, ada nggak Friends yang mengalami hal itu?

Cara paling gampang untuk membuat hal itu tak terjadi adalah dengan memanfaatkan flash atau lampu kilat yang ada di kamera. Biasanya untuk kamera saku, flash ini sudah menyatu. Di beberapa smartphone, kameranya juga sudah dilengkapi dengan flash.

Fungsi flash sebenarnya sederhana. Pancaran sinar dari flash akan membuat objek gelap yang kalah oleh latar cahaya terang jadi bisa kelihatan lagi. Tapi sebenarnya bukan itu saja. Bagi pengguna kamera SLR, flash bisa memberikan nuansa warna yang memperindah foto.

Untuk itu, memilih flash juga ada aturannya. Seperti apa?

  • Pilih flash yang sesuai dengan kamera

Ini aturan paling penting. Sebab kalau salah pilih, bisa jadi flash tak bisa dipakai. Ini bisa karena tidak cocok, tak sesuai fasilitasnya, atau yang paling parah, tegangan listriknya beda sehingga merusak kamera. Coba perhatikan buku manual dari masing-masing merek, mana yang direkomendasikan. Paling aman adalah membeli flash sesuai dengan merek kameramu. Misalnya Nikon atau Canon, ya pilih kedua merek itu. Memang biasanya harga lebih mahal. Tapi karena yang paling paham dengan kamera adalah produsennya, ya biasanya update teknologinya pun akan lebih maksimal. Kalau karena alasan budget dan terpaksa harus pilih produk China, perhatikan betul spesifikasi dan manual book-nya.

Flash Kamera 2

  • Pahami beberapa hal teknis soal flash kamera

Buat kamu yang sudah profesional, mungkin tak masalah. Tapi untuk yang masih amatir, jangan asal pilih. Merasa oke, harga cocok, langsung beli. Padahal ada hal teknis yang perlu dimengerti.

Misalnya apa yang disebut dengan GN atau Guide Number. Ini adalah ukuran untuk menentukan kekuatan flash yang dinyalakan. Rumusnya adalah jarak objek x bukaan diafragma (f-number). Jadi kalau objek jaraknya 5 meter dan bukaannya f/1.4, maka 5 x 1.4 adalah 7, itu adalah angka GN yang harus disesuaikan. Biasanya, makin besar ukuran GN yang dimiliki flash, makin mahal pula harganya.

  • Penting tidaknya fitur yang ada di flash

Ada beberapa fitur flash yang canggih. Misalnya yang memiliki fungsi TTL atau Through The Lens. Ini adalah fitur kemampuan mengatur besaran cahaya flash secara otomatis. Jadi, flash akan mengatur sendiri cahaya sesuai dengan berapa jauh objek dengan kamera. Selain itu, ada juga flash yang punya head flash yang fleksibel. Ini membuat pencahayaan bisa diatur sudutnya secara bebas karena flash bisa diputar sesuai kemauan pemotret. Anjurannya, karena flash dengan fasilitas canggih ini mahal, kamu perlu berpikir ulang. Apakah memotret sekadar iseng atau memang ingin profesional. Kamu sendiri yang memutuskan.

Nah, buat Friends yang ingin dokumentasi Lebarannya maksimal, bisa mulai berburu flash di sini. Nikmati juga harga-harga diskon dan fasilitas cicilan 0% yang diberikan Blibli.

Mudah-mudahan Lebaran Friends tahun ini makin berkesan dengan foto-foto keren ya!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY