hutan-bukit-bangkirai

Halo Blibli Readers,

Bicara mengenai tempat wisata, umumnya orang lebih banyak memilih pergi berlibur ke luar negeri, padahal di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang berpotensi dan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kalimantan. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei Darussalam, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Di antara sekian banyak pilihan tempat wisata di Kalimantan, saya memilih Bukit Bangkirai. Terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Di sini kamu bisa merasakan suasana hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Selain itu, di dalam Bukit Bangkirai ini juga masih terdapat banyak binatang satwa. Bukit Bangkirai memiliki luas sekitar 1.500 hektar ini merupakan kawasan hutan konservasi yang bertujuan untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah. Hutan wisata ini dapat dijadikan sebagai media pendidikan alam dan lingkungan atau bahkan juga dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.

1295170402597957284

Salah satu keistimewaan Bukit Bangkirai adalah kamu bisa mencoba berjalan menyusuri canopy bridge (jembatan gantung) yang tingginya mencapai 30 meter dari pemukaan tanah dengan total panjang keseluruhan canopy bridge adalah 64 meter yang menghubungkan lima pohon Bangkirai. Buat kamu yang mempunyai masalah atau takut dengan ketinggian, tak ada salahnya mencoba sebagai salah satu terapi alternatif. Dari atas canopy bridge kamu dapat melihat panorama hutan hujan tropis disertai dengan desiran angin kencang nan sejuk. I bet you really enjoy being here. Memang agak sedikit deg-degan ketika kamu menaiki jembatan ini, karena serasa seperti diayun, tapi saya jamin sekali kamu mencobanya pasti kamu akan ketagihan dan merasa tertantang sekaligus senang karena berhasil melewati jembatan ini.

Nah selain kamu berpetualang, sebaiknya kamu juga memperhatikan keadaan cuaca disana. Pemilihan sepatu agar tidak terselip ketika curah hujan yang tinggi disana (maklum Kalimantan termasuk hutan hujan dunia), jadi alangkah baiknya kamu memilih sepatu yang tangguh di medan apapun. Tak usah sepatu gunung, sneakers yang dimodif untuk bisa berpergian yang tak terlalu berat juga ada, contohnya Adidas Marathon 85 ini. Saya memilih sepatu ini karena model yang bergerigi dibawahnya mampu menahan licin dan lumpur yang ada.

adidas-marathon-85-g96863-bliss

Lanjut… jadi Canopy bridge ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Dinamakan Bukit Bangkirai karena di kawasan hutan wisata ini terdapat banyak pohon Bangkirai yang tumbuh. Bahkan, pohon-pohon tersebut telah berumur lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan diameternya 2,3 meter. Bukit Bangkirai diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998. Untuk menuju Bukit Bangkirai wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 150 km dari Kota Tenggarong atau Samarinda. Dari Kota Balikpapan hanya berjarak 58 km. Atau dari ibukota Kecamatan Samboja hanya berjarak sekitar 20 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan jalur darat, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

canopy-brigde2


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY