Resep-Nasi-Liwet-Sunda-Asli-Komplit

Warga Jawa Barat yang masih mengusung tradisi, pasti sering merindukan ini. Makan nasi liwet  beramai-ramai bersama keluarga. Duh, nikmatnya sungguh luar biasa. Pas banget karena di bulan puasa ini, momen bersama keluarga adalah saat paling tepat untuk makan bersama.

Rindu suasana seperti itu, tapi nggak mau ribet? Gampang. Beli saja Nasi Liwet Instan Seribu Satu (1001) . Liwet ini menggunakan bahan-bahan berkualitas. Moms pasti tahu kalau beras Garut terkenal dengan aroma yang harum dan rasanya yang nikmat.

Nasi Liwet Instan
Nggak perlu repot, sekarang ada nasi liwet instan.

Nah, Moms, Nasi Liwet Instan 1001 ini dibuat dari beras Garut varietas Sarinah lengkap dengan  minyak, bumbu, rempah-rempah, dan jengkol kering. Proses pembuatannya juga higienis. Penambahan jengkol kering berjasa menciptakan cita rasa tradisional.

Lesehan

Hanya berdua pasangan di rantau orang, Moms pasti merindukan suasana kebersamaan saat menikmati nasi liwet bersama keluarga. Kalau begitu, undang saja keluarga besar untuk menikmati nasi liwet bersama-sama. Mestinya, Moms memasak nasi liwet di panci khusus liwet. Tujuannya supaya nasi tetap hangat. Ini bedanya cara menghidangkan nasi liwet Jawa dengan Sunda. Di Jawa, nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang.

Untuk menciptakan suasana tradional yang kental dan menambah keakraban, Moms bisa menggelar tikar di atas lantai.  Lalu, taruh selembar daun pisang berukuran besar. Cetak nasi liwet sebanyak jumlah orang yang akan makan. Sekitar 4 hingga 8 orang.

Taruh nasi liwet secara paralel agar setiap orang dapat duduk berhadapan. Duduk berhadapan ini akan meningkatkan interaksi dan memudahkan komunikasi. Moms dan tetangga pasti akan makin akrab.

Cara membuat

Pembuatan Nasi Liwet 1001 ini amat gampang. Moms hanya perlu memasukkan beras dan bahan-bahan pelengkap ke panci aluminium atau rice cooker. Tambahkan air secukupnya seperti saat Moms memasak nasi.

Beras pada Nasi Liwet 1001 tidak perlu Moms cuci lagi karena telah melalui 3 kali proses penggilingan dan penyaringan. Bila menyukai nasi yang agak keras, kurangi air. Sebaliknya, nasi yang agak lunak bisa Moms perbanyak airnya.

Setelah itu, aduk semua bahan dalam. Tunggu hingga matang. Setelah nasi matang, hidangkan. Moms juga bisa menambahkan pelengkap lain seperti mentimun, daun kemangi, atau terong bulat.

Pengganti camilan

Moms juga bisa  menjadikan Nasi Liwet 1001 sebagai pengganti stok camilan di rumah. Why? Menyuguhkan snack buat tamu sudah biasa. Agar beda dengan yang lain, Moms lebih baik menghidangkan Nasi Liwet 1001. Apalagi kalau Moms tinggal di tempat lain selain di Jawa Barat. Menyajikan nasi liwet berarti memperkenalkan budaya Jawa Barat di provinsi lain.

Nasi Liwet 1001 tersedia dalam dua ukuran, yakni 250 gram untuk 4 porsi dan 500 gram untuk 8 porsi. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Moms. Supaya praktis, Moms sebaiknya membelinya di Blibli.com karena bisa belanja sambil santai dan tak kena macet.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY