Bukan senjata yang terpenting, tapi siapa yang memegang senjata itu. Pameo ini sangat populer di kalangan penghobi fotografi. Dalam fotografi, karya yang baik tidak hanya ditentukan oleh kualitas kamera atau harga kamera. Kualitas karya fotografi ditentukan oleh juga oleh orang yang memegang kamera. Menggunakan kamera saku pun, bila kamu memahami teknik fotografi, tetap bisa membuat foto yang baik.

micro-kmr-pocket-header-r

Kamera saku digital selama ini dianggap kamera dengan kualitas terendah bila dibanding kamera DSLR atau mirrorless camera. Β Kualitas sensor kamera saku digital memang tidak sebagus DSLR dan mirrorless camera. Tapi jangan meremehkan, kamera saku digital sekarang ini kualitasnya semakin canggih. Cek saja jajaran kamera saku berikut ini.

Bila kamu ingin membeli kamera digital saku keren, langsung saja cek di Blibli.com. Ada banyak tawaran diskon dan yang pasti kamu bisa melakukan pembelian melalui Apps. Tak perlu repot-repot keluar rumah menembus kemacetan. Bebas ongkos kirim, bisa dicicil 0% lagi. Mantap kan?

Sebelum memulai hunting dengan kamera saku digital milikmu, berikut ini beberapa tips agar kamu bisa menghasilkan foto yang keren.

1. Pegang dengan kokoh

Pegang dengan Kokoh

Saat memotret pegang kamera dengan kokoh dan usahakan tidak goyang sedikit pun. Bila saat menekan tombol shutterβ€”tombol untuk menghasilkan fotoβ€”posisi tanganmu statis dan tidak bergoyang, foto yang dihasilkan tidak akan blur. Tapi bila bergoyang, ada kemungkinan fotomu akan bergoyang dan kurang bagus.

2. Kunci titik fokus

Kunci Titik Fokus

Cara lain agar foto tajam adalah memilih fokus yang tepat. Misalnya kamu memotret teman dengan background gunung, pastikan fokusnya pada temanmu, bukan fokus pada gunung. Cara memilih fokus yang tepat adalah menekan tombol shutter setengah tekanan, hingga muncul kotak atau titik fokus yang berwarna hijau. Bila fokus sudah terkunci dengan pas, baru tekan tombol shutter secara penuh.

3. Mainkan komposisi

Mainkan Komposisi

Komposisi adalah hal yang sangat penting dalam fotografi. Dua fotografer yang memotret momen di tempat dan waktu yang sama bisa menghasilkan foto yang sangat berbeda bila pemilihan komposisinya berbeda. Membuat komposisi yang baik harus dilatih secara terus menerus. Bila kamu ingin belajar komposisi yang baik, browsing saja di internet karya fotografer top dunia. Dalam waktu singkat kamu akan mengetahui komposisi yang baik dalam fotografi seperti apa.

4. Pilih mode yang tepat

Kamera saku digital bukan hanya terdiri dari mode auto. Ada banyak mode yang bisa kamu manfaatkan. Gunakan mode secara tepat. Misalnya saja kamu ingin memotret bunga indah, gunakan mode macro. Mode ini ditandai dengan simbol bunga. Seandainya kamu ingin memotret kembang api di malam hari, gunakan night mode. Pilihan mode ini akan menghasilkan foto malam yang jelas, tapi tidak goyang. Pilihan mode yang tepat akan menghasilkan foto terbaik.

Itulah empat tips untuk menghasilkan foto keren dengan kamera saku digital. Terus berlatih adalah kunci untuk menyempurnakan teknik fotografimu. Buat kamu yang nyari kamera pocket, yuk coba cek Blibli.com yang punya banyak banget koleksi kamera pocket buat nemenin semua aktivitasmu!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY