Blackberry101

14 Mei 2013 adalah tanggal pengumuman ini dikeluarkan. Thorsten Heins, Presiden & CEO BlackBerry mengumumkan bahwa BlackBerry 10.1, software update resmi terhadap operating system terbarunya telah keluar. Dan saya, baru saja mengupdatenya hari ini. Update 10.1.0.273.

Ada beberapa fitur baru dan bug fixes di dalam update kali ini. Beberapa contohnya adalah:

  1. BlackBerry Hub: Bila sudah lama menggunakan Blackberry 10, pasti aktifitasnya akan berkutat disekitar BlackBerry Hub. Dengan Blackberry 10.1, ada tambahan dukungan berkirim message dari PIN ke PIN Blackberry, maksudnya, bahkan tanpa berteman di BlackBerry Messenger. Ditambah, fitur untuk mengirim email sebagai attachment juga sudah bisa.
  2. Notifications: Dengan 10.1, Notifikasi sekarang bisa di-set untuk akun dan kontak yang berbeda. Meng-custom ringtones, getar dan lampu LED untuk memberikan sentuhan lebih personal. Bila saja ingin memberikan notifikasi yang berbeda untuk pasangan? atau notifikasi bahaya bila mendapatkan panggilan dari atasan?
  3. Fine Cursor Control: Harus diakui, sebelum 10.1, agak susah meng-highlight text untuk meng-copy/cut. Di 10.1, pengalaman menarik titik biru itu jadi lebih mudah, responsif.
  4. Camera: Kali ini, ada HDR! (High Dynamic Range), yang pada dasarnya, cara kerjanya adalah mengambil beberapa foto dalam waktu yang sangat berdekatan untuk mendapatkan level exposure yang berbeda, dan menaruhnya dalam lapisan-lapisan dan menumpuknya untuk menghasilkan foto dengan warna terbaik.
  5. Dan lainnya: Banyak pembaruan lainnya seperti landscape untuk kalender, lebih mudah men-dial internasional, mengurangi “mata merah” dalam pengambilan foto dan banyak lagi.

Cara melakukan update merupakan yang termudah dari semua versi Blackberry sebelumnya. Cara pertama adalah langsung di Blackberry dengan menuju ke settings dan ke software update. Atau menggunakan Blackberry Link, software di komputer, Mac atau Windows. Cara manapun, harusnya sama, tidak perlu membackup. Namun agar aman, baiknya sih melakukan backup (melalui Blackberry Link).

Untuk lebih jelasnya lagi tentang cara melakukan update, bisa dibuka disini

Catatan tambahan, setelah melakukan update, bersabarlah dalam menyiapkan BlackBerry Hub, agak sedikit lama.

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY