Sepedahan Yuk
pic courtesy of claimyourjouney.com

 

Bersepeda atau sepeda-an sudah menjadi sebuah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat kota. Terutama di kota-kota besar di Indonesia. Berbagai jenis sepeda yang tersedia dengan rentang harga variatif, turut mempengaruhi minat masyarakat menjadikan kegiatan ini sesuatu yang rutin. Hal ini tentu membawa pengaruh positif. Dari hanya sekadar sepeda-an di komplek sampai yang rutin main ke gunung.

 

Banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan bersepeda ini, tidak peduli jenis sepeda apa yang Anda mainkan. Berikut beberapa diantaranya:

– Manfaat Kesehatan:
Untuk yang satu ini sudah tidak dapat dipungkiri. Aktivitas fisik sangat diperlukan di zaman yang serba instan ini. Mengayuh sepeda termasuk kegiatan yang menyehatkan. Selain mempunyai fungsi membentuk tubuh, bisa menghilangkan selulit di paha. Salah satu kabar baik dari bersepeda, bisa menghindarkan Anda dari ancaman obesitas yang disebabkan kurangnya aktivitas, makan enak tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup. Menurut penelitian, melakukan kegiatan fisik ringan sampai sedang akan mengurangi risiko penyakit stroke, jantung koroner dan penyakit-penyakit kronis lain. Selain itu aktivitas fisik juga dapat merangsang kesehatan mental. Manfaat ekonomi yang kita dapat bila sehat adalah: mengurangi biaya pemeliharaan kesehatan kita, dan biayanya bisa kita alihkan untuk meng-upgrade sepeda kita.

– Manfaat Lingkungan:
Dengan bersepeda secara rutin dan menjadikannya salah satu moda transportasi sehari-hari kita, selain mendapatkan manfaat bagi diri sendiri, gowes to work atau menuju tempat kita melakukan kegiatan, juga memberikan kepada lingkungan sekitar. Dengan bersepeda kita sudah pasti tidak mengeluarkan emisi gas buang (dimana setiap hari sepeda motor, mobil dan truk membakar jutaan barel minyak bumi, yang merupakan sumber energi yang tak terbarukan), tidak mengeluarkan polusi suara, bisa mengurangi kemacetan yang mana macet sendiri sudah sangat memakan waktu, energi dan stress. Oh ya, sepeda hanya memerlukan ruangan yang minim sehingga bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya lho… Dan masih banyak manfaat lainnya.

– Manfaat Ekonomi:
Sepeda dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau tidak seperti mobil atau motor. Tidak memerlukan bensin. Biaya pemeliharaan juga jauh lebih murah daripada kendaraan bermotor. Banyak orang berpindah ke sepeda sebagai transportasi mereka karena menghemat ongkos transportasi bulanan mereka.

– Manfaat Sosial:
Jumlah orang yang bersepeda dapat menjadi indikator yang baik terhadap usia harapan hidup masyarakat sebuah negara. Dan tingginya usia harapan hidup merupakan faktor yang mempengaruhi ketertarikan dunia bisnis dan investasi yang mana dalam jangka panjangnya bisa membuka peluang-peluang ekonomi baru. Dengan bersepeda juga, kita lebih mudah berinteraksi dengan individu lain disekitar kita yang mana hal tersebut bisa meningkatkan hubungan sosial didalam masyarakat dan membentuk sebuah komunitas yang sehat.

Semoga Anda juga dapat merasakan sendiri manfaat-manfaat tersebut. Bersepeda, yuk!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY