nignag marshy twist bandana house of deyna chiffon tubular hijab square purple house of deyna ciput merah house of deyna inner aisyah biru muda house of deyna pashmina instant coklat

 

Di bulan suci penuh rahmat ini, kebutuhan untuk menutup aurat merupakan kebutuhan tersendiri yang (insya Allah) dapat diteruskan di bulan-bulan selanjutnya selain Ramadhan. Nah sekarang ini, kebutuhan untuk menggunakan hijab khususnya di Indonesia telah merambah menjadi kebutuhan mode yang vital bagi sebagian besar komunitas wanita muslim Indonesia. Bentuknya pun sudah beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebelum sibuk mecocokkan diri dengan berbagai bentuk hijab yang berbeda, mari kita kenali berbagai jenis varian hijab sesuai fungsinya masing-masing.

Hijab Lapisan Dalam
Fungsi hijab lapisan dalam ini adalah untuk membalut keseluruhan kepala dan anak rambut sehingga bagian yang harus ditutupi sudah benar-benar tertutup dengan rapat. Nah, dengan bagian dalam yang sudah tertutup rapi, kita dapat lebih leluasa mengkreasikan hijab luar dengan lebih kreatif tanpa khawatir ada bagian rambut yang terlihat. Jenis pelapis dalam ini pun bermacam-macam, dari mulai bando elastis, topi rajut, ciput atau lain sebagainya. Bahan yang digunakan pun biasanya yang mudah menyerap keringat seperti katun atau tetoron.

Hijab Pashmina
Pashmina biasa diartikan sebagai salah satu jenis cashmere wool dan tekstil ini pertama kali ditemukan di India. Istilah Pashmina berasal dari kata-kata Pashmineh dan dibuat dari Pashm yang dalam bahasa India berarti wool. Sesuai jenis bahannya, hijab pashmina memang biasanya terasa lebih panas dan tebal. Walau biasanya Pashmina berbentuk selendang yang lebih lebar dan panjang, namun zaman sekarang tipe Pashmina tersedia dalam varian yang lebih beragam mulai dari selendang segi empat hingga bergo praktis sekalipun.

Hijab Bergo
Hijab bergo adalah hijab praktis yang sudah tersedia dalam gaya desain yang rapat dan praktis sehingga mudah dipakai. Bentuknya biasanya bervariasi dengan tali karet di belakang, polos ataupun dengan rangka di bagian atas kepala sehingga menyerupai topi. Bahannya biasanya stretch agar memungkinkan hijab bergo ini fleksibel untuk berbagai jenis ukuran kepala yang berbeda-beda. Kini, hijab bergo ini tersedia dalam berbagai bentuk dan varian dari mulai ukuran panjang hingga pendek, juga terkadang memiliki tambahan aplikasi seperti payet atau bordir.

Hijab Scarf
Hijab scarf biasanya berbentuk sehelai kain berbentuk segi empat yang tersedia dalam besar ukuran yang berbeda-beda. Karena bentuknya yang fleksibel sehingga memungkinkan dikreasikan untuk berbagai tampilan yang berbeda-beda, sehingga merupakan yang paling populer dan paling umum digunakan. Kini, selain tersedia dalam berbagai macam warna dan motif, hijab scarf juga tersedia dengan berbagai aplikasi tekstil seperti dengan tambahan pita, payet dan bordir.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY