Beberapa Hal yang Mesti Dilihat Kalau Mau Beli Ban Skutik

Booming skutik makin menjadi-jadi. Kamu yang suka jenis motor ini makin punya banyak pilihan. Dulunya mungkin simpel dan mungil, sedangkan yang sekarang justru makin gede. Tapi, lucunya bannya tetap saja mungil sehingga terkesan harmless.

Omong-omong soal bannya yang kecil, pilihannya juga semakin banyak. Kamu yang terbilang baru punya skutik untuk wara-wiri pun jadinya bisa pilih-pilih ban, terutama jika sekarang ini sudah waktunya untuk ganti karena yang lama mulai aus menipis.

Nah, ada hal yang mesti diketahui soal ban skutik bukan cuma mungilnya. Ada lagi beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. Contohnya bisa lirik tiga hal di bawah ini.

1. Sudah tahu cara baca ukurannya?

Ban memang simpel. Bundaran karet yang melekat pada velg, dan bisa berisi angin ataupun zat nitrogen. Namun, bukan tidak jarang jadinya bingung ketika harus ganti ban dan tidak paham berapa sebenarnya ukurannya? Kalau asal, belum tentu ban bisa masuk ke velg.

Hal yang pertama mesti diketahui soal ukuran ban adalah baca keterangan di dindingnya. Kalau mau ganti yang baru, coba lihat angka-angka keterangan di sisi atau dinding ban. Contohnya ban belakang bertulisan 110/80-14.

Angka 110 artinya 110 meter dan angka pertama ini adalah lebar tapak atau yang ketemu jalanan langsung pada ban. Lalu angka kedua bertuliskan 80 juga berarti 80 mm, dan angka ini menunjukkan tinggi dinding ban dari tapak ke pinggiran yang ketemu velg.

Sementara itu, angka 14 artinya 14 inci. Angka di urutan ketiga ini kasih tahu kalau ban kamu cocoknya sama ring atau velg ukuran 14 inci.

TEMUKAN BAN DENGAN UKURAN SESUAI KEBUTUHAN KAMU DI SINI

2. Budget yang sesuai kantong dan rekening

Mahal atau murah memang relatif, tetapi tetap ada takaran alias batasannya. Tinggi-rendah harga menyesuaikan dengan kebutuhannya pula. Sementara banyak merek bertebaran bisa menjadi pilihan.

Contohnya merek-merek ban yang juga membuat untuk skutik, yakni IRC, Zeneos, sampai Asprira. Bahkan budget bisa lebih cocok lagi karena tidak jarang ada promo harga. Artinya kamu bisa dapat yang bagus tetapi tetap ramah kantong dan rekening.

CEK DISKON-DISKON BAN SKUTIK DI SINI

3. Gaya ala offroad, on-road, atau racing

Hanya karena desain tapak ban berubah, gaya skutik pun bisa berubah. Contohnya, gaya ban semi-offroad kayak yang dibuat Zeneos.

Merek keluaran Gajah Tunggal ini punya pilihan ban dengan tapak semi-offroad yang juga suka diistilahkan “ban tahu” karena bidang bilahnya yang kotak-kotak dan sebesar tahu.

Kalau mau yang racing, coba selain cek Zeneos lihat juga pilihan Aspira. Dua-duanya punya suguhan ban racing yang kembangnya terkesan jarang sehingga tapaknya lebih lekat ke aspal dan cocok buat traksi dalam kota.

Di luar itu, brand seperti IRC cocok buat yang pakai skutik harian. Pilihan desain tapaknya juga macam-macam termasuk tipe IRC Enviro dan Ziggy.

Misalnya saja tipe Enviro. Ban ini dibuat oleh IRC supaya pemakai skutik bisa lebih hemat BBM. Bilah-bilah banyak pada tapaknya bikin ban ini punya hambat gulir rendah. Artinya mesin bisa bekerja lebih ringan lagi. Makanya dia bisa hemat BBM.

PILIH MODEL-MODEL BAN SESUAI KESUKAAN KAMU DI SINI

Pastikan kamu tahu informasi seputar ban sebelum akhirnya ganti dengan yang baru. Mudah-mudahan kamu ketemu ban yang cocok buat skutik kesayangan supaya pas ataupun cocok sesuai gaya. Kamu bisa mendapatkan ban yang cocok dan punya harga diskon di Blibli.com. Tunggu apa lagi? Cari ban yang kamu mau di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

Latest posts by Rio (see all)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY