Komitmen Bakti Budaya Djarum Foundation untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya generasi muda agar tidak kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia telah diwujudkan.
Dengan membangun sebuah ruang publik yang didedikasikan untuk masyarakat dan dunia seni pertunjukan Indonesia bernama Galeri Indonesia Kaya (GIK), Bakti Budaya Djarum Foundation mengundang para penikmat seni dan budaya untuk datang ke setiap pertunjukan yang ada secara gratis!
Buktinya, pada Minggu, (23/3) lalu Be3 telah menampilkan lagu-lagu Ranah Minang dalam Sabana Rancak Sumateraku di gedung yang berlokasi di West Mall Grand Indonesia Shopping Town lantai 8 ini. Alhasil, penonton pun terpukau dengan penampilan grup yang semula bernama AB Three ini.
8. BE3 DAN DANCERS MENYANYI DAN MENARIKAN TAK TONG TONG
Trio yang dibentuk 13 Agustus 1993 silam dari para pemenang Festival Asia Bagus, memang merupakan salah satu kelompok musik Indonesia yang telah lama populer. “Be3 merupakan kelompok yang sudah malang melintang di dunia musik Indonesia dan telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui suara indah mereka, ungkap Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.
“Kali ini, Galeri Indonesia Kaya menggandeng Be3 untuk mendekatkan para pengunjung dengan Sumatera Barat melalui lagu-lagu yang dibawakan oleh Be3 dan gerakan rampak yang energik yang merupakan salah satu budaya Indonesia dari Ranah Minang yang patut kita apresiasi dan dukung,” ucapnya.
Dalam penampilannya di Galeri Indonesia Kaya, Be3 datang dengan sebuah konsep bernyanyi dan menari khas Sumatera Barat sekaligus bercerita. Pertunjukan ini diawali dengan pertunjukan Saluang, Senandung Minang dilanjutkan bacarito tentang Minang.
Tak ketinggalan, Be3 juga menampilkan beberapa tarian khas Minang seperti Tari Kain, Tari Piring, Tari Indang dan membawakan beberapa lagu Minang yang diiringi pemusik asli dari Minang.
5. NOLA BE3 MENARIKAN TARI PIRING
Selama pertunjukan, pengunjung Galeri Indonesia Kaya pun dihibur dengan suara emas para personil Be3 yang membawakan lagu-lagu Ranah Minang yang akrab di telinga masyarakat, seperti Ayam Den Lapeh, Bareh Solok, Tak Tong Tong dan diiringi para penari dengan koreografi indah dari minang.
Dalam pertunjukan ini, Be3 membawakan salah satu lagu hits mereka dalam Bahasa Minang dan menjadi kejutan bagi para penonton. Tak ketinggalan, Be3 juga memperkenalkan beberapa alat musik asli Minang seperti rebana dan beberapa kain indah asli dari Sumatera Barat.
4. WIDI BE3 BERCERITA MENGENAI KAIN TRADISIONAL MINANG
Melalui sejumlah lagu yang dibawakannya, Be3 berhasil membawa para penonton melihat keindahan provinsi yang menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah ini melalui lantunan lagu nan merdu dan gerakan rampak yang energik.
7. ELLY KASIM IKUT DALAM PERTUNJUKAN
“Sebagai perempuan Minang yang lahir di Bukittinggi, merupakan suatu kebanggaan bagi saya dan anggota Be3 lainnya untuk bisa menampilkan keindahan kesenian dan budaya tanah leluhur,” ungkap Nola Be3 mengomentari penampilannya.
Dirinya pun mengungkapkan jika ada begitu banyak budaya kontemporer yang saat ini beredar di tanah air. “Sedangkan lagu-lagu daerah semakin terpinggirkan padahal lagu-lagu, musik, tarian, dan busana daerah ini merupakan seni budaya nusantara yang indah dan kita sebagai generasi muda harus turut serta melestarikannya,” ungkap Nola Be3.
Bagaimana, siap untuk mendukung kebudayaan Indonesia di Galeri Indonesia Kaya? Pantau deh, timeline twitter @bliblidotcom untuk mendapatkan kabar mengenai pertunjukan selanjutnya disana!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY