Imlek merupakan bagian dari kebudayaan Tionghoa yang tidak hanya ditunggu-tunggu oleh orang yang merayakannya. Tapi juga oleh orang-orang yang tidak merayakannya. Selain aneka makanan khas Imlek seperti dodol dan barongsai, ada satu lagi yang dinantikan, yaitu tradisi pemberian angpao.

Angpao adalah amplop merah. Amplop ini nantinya diisi dengan uang sebagai hadiah menyambut tahun baru. Orang yang mendapat angpao biasanya anggota keluarga yang belum menikah.

CZxoFceWQAASwR5

Tapi, makna angpao sebenarnya bukan sekadar perayaan tahun baru. Angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Jumlah uang yang ada dalam angpao variatif. Biasanya dalam angka genap dan jumlahnya tidak mengandung angka empat.

Yang namanya, tradisi.. pasti ada cerita di baliknya, termasukΒ pemberian angpao ini. Nah, zaman dahulu kala, ada siluman yang mengganggu manusia setiap kali menjelang perayaan Imlek. Khususnya anak-anak. Agar anak-anak tidak diganggunya siluman tersebut, orangtua biasanya mengajak anak-anaknya tidur dekat perapian. Alasannya, siluman takut api.

Tapi, siluman tersebut menyiasatinya dengan memberikan obat tidur kepada seluruh angota keluarga. Supaya kejadian tersebut tidak terus menerus terjadi, para orangtua akhirnya membuat amplop-amplop berwarna merah sebagai simbol api yang ditakuti siluman.

Berhubung siluman suka uang, mereka juga memasukkan uang ke dalam amplop. Angpao ini selanjutnya ditaruh di tangan anak. Akhirnya siluman cuma mengambil uang yang ada di amplop. Anak-anak pun selamat.

cny_cny-angpao-serut-pucca--5-pcs-_full01
Beragam bentuk Angpao ada di Blibli.com

Nah, kamu sekarang sudah tahu kisah di balik tradisi pembagian angpao. Jadi, jangan lupa siapkan angpao untuk anggota keluarga yang belum menikah, ya. Supaya tidak repot, kamu lebih baik membelinya secara online dengan klik disini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY