Mother-buckling-baby-into-car-seat
Photo Courtesy by www.sheknows.com

Persiapan travelling bersama si kecil (or road trip dengan si kecil)

Berencana keluar kota naik mobil dengan bayimu? kalau persiapannya kurang bisa jadi runyam lho perjalanannya. Berikut kiat-kiat yang bisa digunakan pada perjalanan kamu dengan si kecil selanjutnya:

Rencanakan dahulu semuanya

Apakah si kecil bisa tertidur nyenyak di dalam mobil? kalau iya mulailah perjalanan kamu bersamaan dengan waktu tidur si kecil, jadi sebagian besar perjalanan akan ditempuh selagi Ia tidur. Kalau tidak, tunggulah sampai dia tidur sebelum berangkat.

Rencanakan untuk berhenti sekali-sekali. Pilihlah rute yang banyak tempat pemberhentiannya. Kalau terlalu lama diikat di car seat si bayi akan jadi rewel. Apalagi kalau car seat kamu tidak nyaman untuk si buah hati. pilihlah dulu car seat yang bermutu di Blibli.

Buatlah agar mobil remang dan tidak silau agar si kecil mudah tertidur. Kalau perlu gantilah kaca film sisi belakang mobil Anda dengan yang lebih gelap. Atau gunakan sun screen.

Siapkan mobilnya

Gantunglah beberapa mainan yang ringan di langit-langit mobil agar si kecil selalu terhibur menggunakan tape dan tali. alternatifnya, cobalah gantung secara horizontal mainan mainan tersebut. Siapkan juga seperangkat cadangan mainan-mainan gantung yang lain untuk diganti saat pemberhentian agar si kecil tidak bosan.

Rekatkan juga gambar-gambar yang menyenangkan di sisi belakang jok dimana si kecil menghadap. Bagaimanapun pilihan kamu menyusun mainan tersebut, jangan sampai menghalangi pandangan belakang pengemudi karena berbahaya.

Siapkan satu boks besar untuk menampung mainan-mainan si kecil agar Ia tidak bosan di kendaraan. Saat ia tidak ingin bermain, salah satu kegiatan terbaik saat berkendara jauh dengan si kecil adalah membacakan buku kepadanya. Sediakan buku-buku cerita untuk dibacakan ke si kecil. Jika sudah mengantuk musik-musik untuk bayi akan membantunya untuk lebih rileks. siapkan CD atau mp3 musik-musik untuk bayi agar ia lebih nyaman.

Di perjalanan

Bersiaplah untuk fleksibel. Jangan terlalu berharap bisa sampai tujuan dengan on time. Persiapkan diri dan pasangan untuk kebutuhan darurat si kecil. Selalu rileks, terima kemungkinan perubahan rencana dan go with the flow. Berhentilah kalau perlu. Jangan paksakan untuk tetap berkendara selagi si kecil menangis kencang, karena anda akan tegang dan teralihkan. Berhentilah sejenak untuk menenangkan si kecil sebelum melanjutkan perjalanan.

Utamakan keselamatan. Selalu gunakan sabuk pengaman. Pastikan si kecil selalu di car seat nya selama perjalanan. Jika saatnya si kecil menyusui usahakan mobil dalam keadaan berhenti. Dan jangan pernah meninggalkan bayi Anda di mobil sendirian.

Di perjalanan pulang

Jangan melupakan perjalanan yang satu ini. Pilihlah waktu yang nyaman untuk berangkat. Beberapa hari sebelumnya, persiapkan kembali persediaan makanan, popok dan apapun itu yang sudah habis atau berkurang dari perjalanan berangkat. Jika ada hal yang Anda ingin tambahkan pada keberangkatan, inilah momen yang tepat untuk membuat penyesuaian guna membuat perjalanan anda lebih menyenangkan.

Have fun!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY