Ban Mobil

Saat akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik, ada baiknya kamu melakukan pengecekan ban mobil, Friends. Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menjamin keselamatan berkendara. Kualitas ban yang baik diperlukan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan kamu dalam berkendara.

Ada cara sederhana untuk mengecek kualitas ban mobilmu, yaitu dengan mengecek tapak ban. Bila alur tapak ban sudah tipis, sudah saatnya kamu mengganti. Tapak ban tipis meningkatkan risiko ban kempes bahkan meletus bila digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Pasti repot kalau ban meletus di tengah jalan padahal tujuan masih jauh.

Namun, tapak ban tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan. Tanggal kedaluwarsa ban juga harus diperhatikan. Jangan kaget, ban juga ada masa berlakunya. Tidak hanya makanan saja yang ada tanggal kedaluwarsanya. Bedanya, masa kedaluwarsa ban dihitung dari tanggal produksi. Pertama, kamu harus melakukan pengecekan dulu terhadap tanggal produksi ban kamu.

Pengecekan Tanggal Produksi Ban

Cara mengecek tanggal produksi ban mudah. Cari saja empat angka yang dikelilingi garis berbentuk oval. Angka ini terletak di sisi samping ban. Cara membacanya juga mudah. Dua angka pertama adalah minggu pembuatan dan dua angka di belakangnya adalah tahun pembuatan. Misalnya saja angka yang tertera angka 1206, berarti ban ini diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2006. Berarti usia ban ini sudah sekitar 10 tahun.

Ban yang sudah berumur 10 tahun sebaiknya diganti, karena sudah masuk tanggal kedaluwarsa. Meskipun tapak ban masih tebal, tapi karet ban sudah keras. Tidak bisa menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. Jadi selain karena tapak ban sudah tipis, perhatikan usia pakai ban tersebut.

Perhatikan Usia Pakai

Bila kamu berencana mengganti ban mobil, jangan asal mengiyakan penjual ban saat penggantian ban. Apalagi asal sudah deal harga, kamu lalu duduk manis main gadget tanpa memperhatikan proses penggantian ban. Sebelum ban lamamu diganti dengan ban baru, cek lagi tanggal produksinya seperti cara di atas.

Semakin muda usia ban, akan semakin baik kualitasnya. Bila kamu mengganti ban di tahun 2016, usahakan ban barumu diproduksi pada 2016. Seandainya tidak ada produksi tahun 2016, cari produksi tahun 2015. Jangan lebih tua dari itu. Meskipun ban mobil tersebut baru dan belum dipakai, bila disimpan terlalu lama kualitasnya akan menurun.

Ban Baru Enam Tahun

Ban baru yang belum dipakai juga ada masa kedaluwarsanya, yaitu enam tahun. Tapi usahakan bila mengganti ban baru usianya tidak lebih dari dua tahun, karena semakin lama di simpan, karet ban akan berkurang elastisitasnya. Bila kamu mencari produk ban dengan kualitas produk terjamin, kamu bisa mengecek di sini. Bukan itu saja, kamu juga bisa mendapatkannya dengan cicilan 0% dari berbagai bank.

Semoga tips ini bisa membantu menjaga keselamatan sepanjang perjalananmu ya Friends.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY