Friends pasti senang, kalau bisa jalan-jalan rombongan, berkendara sambil santai menikmati pemandangan. Itulah mengapa hampir setiap akhir pekan, sekarang banyak komunitas motor di mana-mana. Ada yang sekadar nongkrong di jalan menikmati suasana akhir pekan. Ada yang berombongan mencari hawa segar ke daerah pegunungan. Dan yang keren, banyak juga yang sambil bermotor, mencari lokasi untuk kegiatan amal dan sosial.

Tapi berkendara motor ramai-ramai tentu juga harus memperhatikan aturan ya Friends. Apalagi yang pakai jalan bukan hanya satu. Berbagai peraturan di jalan raya juga harus dipatuhi. Semua itu bukan hanya pajangan, tapi demi keselamatan.

Selain itu, berbagai faktor keselamatan berkendara juga harus dipenuhi. Cek tekanan ban jangan sampai kurang angin. Lihat juga mesin motor apakah masih jago dan belum minta ganti onderdil. Nah, kalau ternyata sudah ada yang minta ganti,kamu bisa cek Blibli.com. Selain itu, dengan cari motor baru di Blibli, juga ada cicilan ringan 0% dengan fasilitas multipayment. Jadi, kalian akan lebih mudah mendapatkan motor idaman!

Nah, sudah siap-siap mau berkendara bersama-sama? Sebelumnya, cek dulu beberapa tips aman berkendara motor ini ya Friends:

  • Gunakan helm standar SNI

Helm Standar SNI

Ini syarat mutlak ya Friends. Helm bukan sekadar kewajiban yang harus dipenuhi saat berkendara, tapi juga memang aman melindungi kepala. Buat kamu yang ingin cari helm aman nyaman untuk perjalanan menyenangkan, bisa cek di sini. Tinggal buka Apps Blibli, semua bisa dibeli dengan jempolmu.

  • Fokus bawa motor, jangan diselingi kegiatan lain

Berkendara ramai-ramai memang menyenangkan. Apalagi sambil diselingi banyak obrolan. Tapi lebih baik lakukan itu saat sedang berhenti di satu tempat. Ketika berkendara, fokus pada kendali motor. Ini untuk menjaga keamanan. Misalnya ada telepon atau pesan masuk, lebih baik berhenti dulu. Atau kalau terpaksa menjawab telepon, gunakan fasilitas handsfree.

  • Gunakan perangkat keselamatan lain

Selain helm, sebenarnya berbagai peralatan keselamatan lain juga diperlukan. Apalagi kalau akan menempuh perjalanan jauh. Masker mulut dan hidung misalnya. Ini perlu untuk mengurangi dampak asap polusi kendaraan di jalan. Kaus tangan dan sepatu juga bisa digunakan untuk menjaga kenyamanan sepanjang perjalanan. Untuk yang mencari jaket, ini juga bisa dipakai untuk tampil keren dan sekaligus nyaman.

  • Gunakan kendaraan sesuai fungsinya

Saat berkendara bersama komunitas, sering kali ada beberapa “godaan” menambahkan berbagai aksesoris. Dengan alasan lebih keren, motor jadi diubah spesifikasinya. Tak salah memang. Tapi juga jangan kebablasan sehingga malah membuat standar keselamatan jadi diabaikan.

  • Jangan membawa barang melebihi kapasitas

Barang Melebihi Kapasitas

Jika berkendara jauh, apalagi dibawa mudik, jangan membawa barang melebihi kapasitas. Apalagi sampai menaruh barang di dekat setang motor. Ini perlu diperhatikan agar gerakan setang tetap bisa dikendalikan dengan aman dan nyaman.

Semoga perjalanan Friends dan komunitas motornya tetap aman dan menyenangkan ya.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY