Kenapa LEGO sangat populer dan diterima semua kalangan?”

Tiba-tiba pertanyaan tersebut pun timbul di benak saya saat melihat mainan kecil berwarna kuning bernama LEGO.

Dan demi menjawab rasa penasaran tersebut, saya pun mencoba untuk berbincang dengan salah satu penggiat LEGO bernama Ashari yang aktif di Komunitas Lego Indonesia (KLI).

Lego Star Wars, salah satu dari yang paling populer.
Lego Star Wars, salah satu dari yang paling populer.

Pria yang telah bekerja di sebuah perusahaan swasta ini mengaku pertemuan pertamanya dengan mainan asal Denmark ini kejadian di sebuah toko buku di Jakarta. Dirinya pertama kali melihat LEGO sachet berisi mini figur serie ke-6. “Setelah itu saya coba membelinya. Rasa penasaran saya makin timbul karena sering mendapat karakter yang sama dalam satu sachet. Jadi daripada punya double, saya jual-jualain salah satunya di forum kaskus. Mulai dari situ saya bertemu dengan penggemarLEGO lainnya. Sering kumpul dan akhirnya bekerja sama di pameran,” ungkapnya.

Dirinya yang sejak dulu memang memiliki hobi untuk bermain dengan sesuatu yang membutuhkan pembaruan atau upgrading mengakui jika LEGO memang merupakan salah satu permainan yang punya unsur tersebut. “Saya suka dengan permainan macam Remote Control, Hotweels dan juga Air Soft Gun. Permainan itu kan harus dibeli, ganti-ganti bagian lalu upgrade. Dikoleksi atau yang bosan, dijual. Itu sama seperti LEGO,” ungkap cowok yang bermain LEGO sejak 2012 lalu. Pemilik nickname Ashari7 ini pun memiliki alasan jitu kenapa kita harus main LEGO. Menurutnya, LEGO adalah mainan yang punya kualitas dan tidak akan pernah mati.

“LEGO bertahan karena awet dan punya banyak area untuk dimainkan. LEGO juga punya bermacam bentuk dan bisa mengembangkan daya kreatifitas seseorang. Hal itulah yang membuat LEGO populer dan diterima semua kalangan,” ungkap cowok yang punya spesialisasi membangun LEGO dengan nuansa Middle Earth ini melalui sambungan telpon.

Belum lagi, sejak Tahun 1999,  LEGO telah rutin melakukan terobosan dengan mengeluarkan seri berlisensi yang diawali dengan rilisnya LEGO Star Wars.

Selain aspek sejarah dan koleksi, LEGO juga punya aspek lain yang tak kalah penting sehingga populer, yaitu merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Mereka mengeluarkan lini khusus bernama LEGO DUPLO. Warna dan ukuran LEGO DUPLO yang besar membuat anak-anak lebih mudah menyusun potongan demi potongannya sehingga bentuk awal balok bisa diubah menjadi berbagai bentuk lain.

LEGO_10507_PROD_PRI_1488 via LEGO
Ukurannya yang besar membuat LEGO Duplo cocok untuk anak.

Anak-anak lebih cocok memainkan LEGO berukuran besar karena kebiasaan memasukkan sesuatu dalam mulut. Agar orangtua tetap merasa aman, ukuran besar dan material yang aman sangat diperlukan. LEGO sudah lama dipercaya sebagai mainan anak dengan material aman selama koleksi yang dimainkan asli dengan kualitas terjamin.

duplo-toy-C1 via Blibli

Kebetulan Blibli.com menyediakan berbagai LEGO Duplo dengan potongan harga 50%. Berbagai seri mulai dari My First Rocket, My First Town Truck, atau Disney Princess bisa dipilih sebagai kado untuk si kecil!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY