Game yang identik dengan hal negatif sepertinya sudah tidak relevan lagi, Friends. Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis panduan sistem rating video game di akun Facebook-nya. Dikatakan, video game dapat menjadi hiburan yang menyenangkan, mendidik, namun berisiko jika tidak dimanfaatkan dengan tepat. Jadi, dibuatlah sistem yang tertera pada sampulnya sebagai rekomendasi orang tua dalam memilih game yang tepat.

Sistem Rating Game via Facebook Kemendikbud

Hmm, dukungan ini jadi kabar bagus buat para pecinta game karena bisa lebih bebas memainkan game yang diinginkan tanpa takut diblokir. Kalau sistem rating sudah dikenal masyarakat, main game jadi lebih tenang karena setidaknya dampak negatif dari main game berlebihan bisa berkurang. Tapi, apa saja sih, manfaat sesungguhnya yang kamu rasakan kalau bermain game? Simak ulasannya, yuk!

  1. Memperlambat Proses Penuaan

Menjadi tua mungkin salah satu hal yang ditakutkan manusia. Nah, game ternyata bisa menstimulasi otak untuk terus bekerja untuk menemukan taktik yang paling pas untuk memenangkan pertandingan dalam game. Salah satu studi menyebutkan bahwa game bisa meningkatkan fungsi kognitif berusia 50 atau lebih dan bertahan bertahun-tahun.

  1. Mengurangi Stress

Walau beberapa game bisa menambah pikiran, tapi jika game terus dimainkan, ada kepuasan tersendiri yang bisa didapatkan pemainnya. Apalagi jika game yang kamu mainkan memang didesain untuk memacu adrenalin. Detak jantung, konsentrasi, dan daya fokus bisa bertambah.

  1. Mengurangi Risiko Diseleksia

Diseleksia adalah jenis gangguan atau kesulitan belajar yang umumnya mempengaruhi kemampuan membaca serta pengejaan seseorang. Dengan bermain game, kamu akan terpacu untuk mempelajari huruf, angka, dan detail. Secara tidak langsung, para gamers berlatih mengingat urutan informasi, petunjuk, warna, dan berbagai perintah kinetik dari misi atau pertandingan yang dilakukan.

  1. Melatih Refleks dan Konsentrasi

Jika refleks dan konsentrasi tidak bagus, kamu tidak akan menang atau menyelesaikan misi. Nah, game bisa membantumu melatih konsentrasi dan refleks untuk memenangkan pertandingan. Selain itu, refleks dan konsentrasi yang berkualitas akan memudahkanmu di kehidupan nyata! Seru, kan?

  1. Membantu Bersosialisasi

Walau ada pemain game yang lebih suka menyendiri, tapi mereka akan mudah membuka percakapan dengan sesame gamers. Para gamers ini biasanya berkelompok untuk mendiskusikan berbagai informasi terbaru, game terkini, dan peralatan main game tercanggih. Jadi, siapa bilang gamers itu anti-sosial?

  1. Alat Bantu Belajar, Terapi, atau Simulasi

Manfaat game yang satu ini tidak bisa diragukan lagi. Aspek-aspek penting yang ada di dalamnya seperti konflik, kontrol, pendekatan, dan kompetensi membuat pemain game bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, anak yang kesulitan belajar sejarah bisa diberi game dengan latar sejarah dan harus menyelesaikan misi yang ada di dalamnya. Setidaknya, ia bisa mempelajari sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan.

  1. Sumber Penghasilan

Game mulai dipandang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan karena pasarnya masif. Maka, berkembanglah developer game, desainer game, distributor game, atau penulis game. Orang-orang ini kemudian mampu menciptakan penghasilan selama ia terus kreatif. Bahkan, di negara maju, beberapa jenis game dikategorikan sebagai E-Sport di mana pemainnya disebut atlet, diberi fasilitas, dan digaji.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat game yang bisa dirasakan oleh gamers. Daripada stress, lebih baik main game untuk mengembalikan konsentrasi dan mood. Jangan lupa pilih game yang sesuai dengan kebutuhan yaa!

intel-game-time-microsite-1200x460px-rr
Intel Game Time dari Blibli.com

Agar manfaat bermain game makin terasa, kamu harus menggunakan perangkat kelas satu yang berkualitas. Kenapa? Biar pengalaman gaming makin hidup, dong! Pas banget sama Blibli.com yang lagi bikin diskon 10 % untuk laptop gaming MSI, Acer, dan Asus berprosesor Intel dengan maksimal diskon Rp 1.500.000,00 plus tambahan voucher diskon mouse gaming Logitech G402 mulai 4 Mei-26 Juni. Penasaran? Cek di sini, yuk!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY