Jadi orang Indonesia itu enak, Friends! Terutama kalau berhubungan dengan makanan. Setiap daerah punya makanan khas sendiri yang berbeda-beda, bisa dicoba, dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain makanan, orang Indonesia juga punya kebiasaan makan yang berbeda dengan warga negara lain. Kebiasaan makan ini sepertinya tumbuh dari campuran budaya yang dimiliki. Beberapa kebiasaan ini terlihat normal, unik, bahkan ada juga yang aneh.

Penasaran dengan kebiasaan makan yang cuma dimiliki orang Indonesia? Simak, yuk!

Makan Lesehan

Makan Lesehan

Ini dia kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan padahal jaman sekarang meja makan sudah muncul dengan berbagai model yang unik-unik. Makan lesehan dinilai sebagai salah satu wujud kebersamaan dan kesederhanaan yang sangat melekat dengan tradisi bangsa ini. Biasanya, kalau makan lesehan, suasana yang terbangun akan lebih akrab, bahkan bisa jadi pembuka diskusi.

Saking mengakarnya, berbagai tempat makan juga menyediakan fasilitas lesehan yang sangat cocok untuk makan bersama keluarga. Tempat makan lesehan ini bisa dijumpai di berbagai kota seperti kawasan Malioboro di Yogyakarta, Blok M di Jakarta, atau Punclut di Bandung.

Makan Mi Instan Pakai Nasi

Mi Instan

Ini sebenarnya kebiasaan yang agak aneh mengingat nasi dan mi instan merupakan dua makanan yang punya kadar karbohidrat dan kalori tinggi. Satu mi instan saja bisa mengandung kalori satu porsi nasi ukuran sedang plus lauk pauknya, bagaimana jika ditambah nasi? Hmm, sebenarnya tidak sehat sih, tapi kebiasaan makan ini sudah begitu melekat di masyarakat Indonesia. Uniknya, di beberapa tempat sering dijumpai ada orang yang makan spaghetti pakai nasi juga.

Pokoknya Tahu dan Tempe

Tahu Tempe

Enak, murah, dan gurih! Dua makanan ini begitu melekat dalam kebiasaan makan orang Indonesia. Sejak kecil, kita sudah diajarkan bahwa tahu dan tempe merupakan makanan yang bisa memasok protein bagi tubuh dengan harga yang murah. Olahannya beragam, mulai dari tempe kotak, tempe mendoan, tahu isi, tahu gejrot, hingga yang sedang hits sekarang: tahu bulat!

TAHU BULAT 3

Belum Lima Menit

Belum Lima Menit

Kebiasaan ini agak jorok sih, tapi karena sayang dan pantang membuang makanan, budaya ini begitu mengakar. Makanan yang jatuh dari piring atau dari penggorengan bisa saja dicomot atau dimakan kembali dengan alasan “belum lima menit”. Iya sih kalau jatuhnya di meja makan, tapi bagaimana kalau makanan jatuh di trotoar?

Kerupuk Wajib Hukumnya

Kerupuk_putih

Kriuk-kriuk! Kerupuk paling pas jadi teman makan dengan apapun, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, sayur berkuah, sayur bersantan, oseng-oseng, hingga mi instan. Cara makannya bisa dipisah maupun ikut dicelupkan ke kuah.

Makan Pakai Tangan

Makan Lesehan

Ini adalah kebiasaan yang dipandang aneh oleh warga negara asing. Sudah ada inovasi bernama sendok, garpu, atau sumpit, tapi orang Indonesia lebih suka makan pakai tangan. Sayur dalam mangkuk bisa dimakan terakhir, yang penting makan nasi dan lauknya pakai tangan! Paling enak makan pakai tangan saat bersama-sama keluarga.

Gorengan dan Sambal

Gorengan

Wah ini dia kebiasaan makan yang tidak bisa dihilangkan begitu saja karena sudah begitu mendarah daging! Makan gorengan dan sambal merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa ditemui di mana saja. Gorengan bisa ditemukan mulai dari meja makan saat sarapan, siang hari di abang penjual depan kantor, camilan saat kerja kelompok atau meeting di sore hari, hingga tempat makan modern yang juga menyajikan makanan negara lain.

Jenisnya beragam, mulai dari tahu, tempe, bakwan, cireng, singkong, risoles, pisang goreng, atau ubi goreng. Lebih asyik kalau makannya dicocol sambal botolan, sambal bumbu kacang, bahkan dimakan dengan cabai rawit mentah saja enak.

Itu dia kebiasaan makan yang hanya dimiliki orang Indonesia. Tapi, yang paling bisa dilihat dari berbagai kebiasaan makan di atas adalah kesukaan orang Indonesia akan makanan yang digoreng. Makan lesehan enaknya pakai ayam atau ikan goreng, tahu dan tempe sudah pasti enaknya digoreng, kerupuk juga cara masaknya digoreng.

Sebenarnya makan makanan yang digoreng aman asal diatur kadarnya dan menggunakan minyak baru yang bersih. Minyak goreng kemasan di masa kini sudah memperhatikan kemurnian, kebersihan, dan kesehatan kok. Nah, buat Moms yang merasa keluarganya adalah pencinta makanan yang digoreng, wajib menyetok minyak goreng untuk memasak nih!

Pas banget karena di Blibli.com Moms bisa membeli berbagai minyak goreng dengan harga yang terjangkau. Lumayan untuk stok Moms di rumah. Cek informasi lengkapnya di sini, ya!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY