Sedikit perubahan pada gaya masak Anda ternyata akan membuat Anda lebih nyaman saat berada di dapur, lho. Penasaran? Ini dia 7 kebiasaan baru yang dapat membuat memasak lebih menyenangkan daripada tahun sebelumnya.

  1. Buat talenan Anda tidak licin.

Saat mengiris, talenan Anda sering bergeser? Itu tandanya talenan yang Anda gunakan licin. Agar talenan tidak licin, taruh lap kertas atau tatakan gelas antilicin di bawah talenan sebelum Anda mulai mengiris. Hasilnya, talenan tak lagi bergeser.

 Asah pisau

Pisau yang tajam membuat proses mengiris dan memotong jadi lebih cepat dan mudah. Periksa ketajaman pisau dapur sebulan sekali. Lalu segera asah begitu Anda mendapatinya sudah tumpul. Anda bisa mengasah pisau menggunakan batu alam yang ada di taman atau memakai pengasah pisau khusus (https://www.blibli.com/search?s=pengasah+pisau) yang banyak dijual di toko online seperti blibli.com.

  1. Kenakan celemek

Baju yang Anda kenakan sering terkena cipratan air atau bumbu saat memasak? Kalau begitu, Anda wajib pakai apron atau celemek (https://www.blibli.com/search?s=apron). Lebih dari itu, apron juga akan membuat Anda tidak langsung terkena hawa panas yang berasal dari oven atau kompor yang ada di hadapan Anda. Jika perlu, gunakan apron yang berkantung agar Anda bisa menaruh lap di dalamnya.

  1. Pakai sandal

Agar kaki tidak kotor, gunakan sandal yang nyaman dan tidak licin saat memasak di dapur. Sandal juga bisa melindungi kaki Anda dari pecahan keramik saat ada piring atau gelas yang pecah.

  1. Praktikkan mise en place

Mise en place ialah mempersiapkan dan menaruh peralatan yang akan digunakan saat menyajikan makanan pada tempatnya. Tujuannya agar mudah digunakan sehingga Anda bisa menghemat waktu. Yang termasuk mise en place antara lain penggantian peralatan dari bahan kain, pembersihan peralatan saji, serta pembersihan dan pengisian kembali bumbu seperti garam, merica, cuka atau minyak.

  1. Siapkan mangkuk sampah

Sebelum memasak, siapkan sebuah mangkuk untuk menampung semua sampah pangan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memanfaatkan kantung plastik. Kebiasaan membuang sampah pangan saat sedang masak akan membuat dapur Anda terlihat tetap bersih dan aktivitas masak juga lebih efisien.

 Bersihkan segera

Sampah pangan yang sudah terkumpul dalam mangkuk “sampah” sebaiknya segera dibersihkan begitu proses memasak selesai. Caranya, masukkan semua sampah ke dalam tempat sampah yang ada di dapur. Bila sampah pangan tersebut basah, ada baiknya Anda langsung membuangnya ke tempat sampah yang ada di luar rumah. Dengan begitu dapur Anda terbebas dari kuman dan aroma tidak sedap.

55376820b340a_o

Bagaimana, siap mencoba 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Masak?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY