Teman Anda sering memasang foto smoothies bertabur chia seed di Path? Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya chia seed ini.

coconut-pomegranate-chocolate-chia-seed-pudding-6-682x1024

Chia seed adalah biji-bijian berwarna hitam yang diambil dari tumbuhan bernama Salvia Hispanica.

Tanaman ini banyak ditanam di Afrika Selatan. Dahulu kala, chia seed merupakan makanan penting bagi Suku Aztecs dan Maya. Mereka mengonsumsinya untuk mendapatkan energi.

house-of-organix_house-of-organix-organic-black-chia-seeds_full01

Nah, di Indonesia, chia seed telah menjadi tren sejak beberapa tahun lalu. Penyebabnya, apalagi kalau bukan karena biji-bijian ini memiliki banyak khasiat. Apa saja ya? Check this out!

#1 Kaya nutrisi

Tak salah kalau chia seed disebut kaya nutrisi. Satu ons chia seeds mengandung 11 gram serat, 4 gram protein, 9 gram lemak termasuk Omega 3, kalsium, mangan, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin B3, potassium, vitamin B1, dan vitamin B2. Tubuh Anda akan terjaga kesehatannya bila cukup asupan nutrisi.

#2 Rendah kalori

Chia seed rendah kalori. Itu benar. Satu ons chia seeds hanya menyuplai 101 kalori dan 1 gram karbohidrat.

#3 Antioksidan

Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Chia seeds ini mengandung banyak antioksidan. Anda tentu tahu, antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan molekul pada sel. Hasilnya, penuaan dini dapat dicegah dan Anda terlihat awet muda!

#4 Tinggi Serat

Jika Anda mencari bahan makanan berserat tinggi, chia seeds jawabannya. Hampir 40% dari total bobot chia seeds terdiri dari serat. Serat yang tinggi akan membuat perut Anda terasa penuh. Cocok buat Anda yang ingin menurunkan berat badan.

#5 Kaya protein

Kandungan protein pada chia seeds sekitar 14%, lebih tinggi dibandingkan tanaman lain. Chia seeds juga mengandung asam amino esensial. Biji-bijian ini ideal buat Anda yang tidak mengonsumsi bahan makanan hewani.

#6 Menguatkan tulang

Anda mungkin kaget kalau tahu chia seeds bagus tulang. Ya, chia seeds mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang berguna untuk menguatkan tulang. Chia seeds bisa menjadi sumber kalsium alternatif bagi Anda yang tidak mengonsumsi keju dan susu.

#7 Minuman energi

Anda sering mengonsumsi minuman penambah energi setelah fitness? Coba ganti dengan chia seeds. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa chia seeds berhasil menambah energi orang-orang yang baru saja berolahraga.

superfood_superfood-organik-black-chiaseed-mexico-1kg_full02

Tujuh khasiat chia seeds tersebut berhasil menggelitik Anda untuk mengonsumsinya setiap hari? Kalau begitu, cepat pesan chia seeds dengan klik disini!

 


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY