Learn to be a smart spender

Bagi mereka yang mengaku karyawan, tak bisa dipungkiri jika gajian adalah momen yang paling ditunggu tiap bulannya. Namun, tak jarang ketika momen itu tiba, gaji yang diterima ternyata tidak bisa tahan sampai sebulan. Bahkan, saking lumrahnya kesalahan dalam melakukan manajemen keuangan tersebut bisa kejadian, sampai muncul istilah “Gaji Numpang Lewat” di antara para karyawan.

Kenapa ya “Gaji Numpang Lewat” itu bisa terjadi?

Well, jika mengacu pada teori ekonomi yang dikemukakan oleh Adam Smith, bahwa “Manusia adalah Homo Economicus“ bisa jadi ada hubungannya untuk mereka yang kerap mengalami “Gaji Numpang Lewat”. “Manusia adalah Homo Economicus“ artinya adalah seberapa besar penghasilan yang kita terima maka kebutuhan yang ingin kita penuhi juga semakin meningkat.

Nah, bagaimanakah cara yang tepat agar penghasilan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat? Simak deh, 5 langkah berikut!

1

  1. Rajin Mencatat!

Sudah sifatnya manusia jika mudah melupakan sesuatu. Jadi, mulailah membiasakan diri dengan membuat catatan. Dalam konteks menyeimbangkan pendapatan dengan pengeluaran kali ini, Anda bisa mulai mencatat pengeluaran harian. Dengan begitu Anda bisa membandingkan, membagi dan menyeleksi dimana, kapan serta apa yang harus atau tidak layak untuk dibeli.

2

  1. Hitung Hutang/Tagihan

Hidup yang layak itu tidak gratis. Anda diwajibkan untuk membayar pajak, tagihan air, listrik dan sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menghitung hutang atau tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Karena, manusia biasanya lebih peka terhadap angka yang lebih besar. Dengan begitu, Anda pun bisa terpacu untuk mulai melunasi hutang dan tagihan serta memotivasi diri untuk terus berhemat.

12

  1. Kebutuhan bukan Keinginan

Efek psikologis pasca gajian yang membuat manusia merasa jadi “orang paling kaya se-dunia” karena rekeningnya terisi penuh adalah hal yang lumrah atau bahkan bisa jadi penyebab utama mengapa muncul istilah “Gaji Numpang Lewat”. So, bagaimana cara Anda dalam memprioritaskan Kebutuhan dan bukan Keinginan bisa jadi hal yang paling tepat untuk dilakukan.

Mulailah dengan melaksanakan 2 langkah di atas sebelumnya. Nggak percaya? Coba saja lihat catatan pengeluaran harian Anda dan hitungan hutang/tagihan; setelahnya Anda pun berangsur-angsur akan bisa memilih: mana yang butuh dan mana yang ingin.

32

  1. Investasi untuk Masa Depan

Masa depan tidak akan mudah jika Anda tidak berubah (ke arah yang lebih baik) dan terus berusaha. Oleh karenanya, penting untuk Anda bisa berinvestasi. Ada banyak sekali jenis investasi di dunia ini dan Anda bisa coba mulai dari sesuatu yang anda sukai atau kuasai. Karena, dengan begitu Anda bisa lebih terpacu untuk konsisten, berkomitmen serta tau resiko yang dihadapi saat melakukan pengembangan dalam investasi terkait.

IMG_6608

  1. Peka Keadaan Sekitar

Langkah terakhir untuk menghindari “Gaji Numpang Lewat” adalah dengan mengikuti tren. Peka terhadap lingkungan sekitar, dan tanggap dengan berbagai penawaran yang tersebar di mana-mana. Contohnya adalah: tren belanja saat ini sedang mengarah ke online, jadi mulailah untuk mencobanya. Buktikan sendiri keuntungannya, dan silahkan ulangi 5 langkah di atas agar Anda bisa hindari “Gaji Numpang Lewat”. Selamat mencoba!

Big-Payday-NL-600

Mau melihat penawaran Ekstra Diskon di program BIG PAY DAY by Blibli.com? KLIK DISINI!

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY