4988-close-up-of-woman-typing-on-keyboard-of-laptop

Bagi sebuah keluarga di era modern saat ini, laptop merupakan perangkat yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Tidak hanya generasi muda, tapi orang tua juga akan merasakan manfaat nyata sebuah komputer.

Orangtua bisa menggunakannya untuk bekerja, sedangkan anak-anak dapat memanfaatkannya untuk mendukung proses belajar. Yang menarik, komputer juga bisa menyediakan berbagai hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Komputer tidak terbatas hanya pada desktop saja. Laptop juga dapat menjadi komputer keluarga yang handal. Banyaknya variasi model yang tersedia, dengan harga mulai dari 3 jutaan menjadikannya dapat dijangkau lebih banyak segmen.

Performa laptop pun semakin bertenaga sehingga membuatnya ideal untuk berbagai keperluan. Penggunaan prosesor Intel untuk laptop mampu memberikan kinerja lebih baik dengan konsumsi daya lebih efisien.

Lalu apa saja fitur yang harus Anda perhatikan ketika mencari laptop untuk keluarga? Simak daftarnya dilansir dari YangCanggih berikut ini:

  1. Layar besar

big-screen-laptop-Dell-Inspiron-17-7000

Layar yang lebar tentunya akan lebih mengasyikkan untuk mendukung berbagai kebutuhan. Contohnya ketika menelusuri dunia maya, mengedit foto, atau mengerjakan tugas sekolah. Layar yang lebar juga lebih memungkinkan untuk menikmati konten video bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Bahkan dengan laptop 2-in-1, layar dapat dilipat sehingga laptop berubah menjadi tablet berukuran besar. Saat menjalankan game atau aplikasi yang menawarkan permainan untuk beberapa orang sekaligus (seperti game Monopoly untuk Windows), laptop otomatis akan menjadi pusat hiburan keluarga yang interaktif.

Kami merekomendasikan layar berukuran minimal 13 inci untuk sebuah laptop keluarga. Selain 13 inci, saat ini juga tersedia laptop dengan layar 14 inci, 15,6 inci dan 17 inci. Dengan ukuran layar yang lebih luas, menikmati video, foto, atau bermain game bersama-sama akan lebih seru.

Walaupun layar lebar lebih memuaskan, wajib diingat bahwa ukuran yang lebih besar akan membuat laptop semakin berat saat dibawa.

  1. Pilih kartu grafis yang mantap

Karena hampir semua laptop tidak bisa diganti kartu grafisnya, maka pilihan kartu grafis menjadi penting bagi pengguna yang ingin menggunakan laptop tersebut untuk bermain game atau melakukan video editing.

Untuk laptop dengan prosesor Intel generasi terbaru seperti Broadwell atau Skylake, chip grafis terintegrasinya memang sudah cukup mumpuni untuk sebagian game yang beredar. Namun untuk performa grafis lebih baik, pertimbangkan juga laptop dengan kartu grafis keluaran AMD dan GeForce.

Untuk performa multimedia dan game terbaik, ada baiknya memilih laptop gaming yang memang dibangun dengan performa mumpuni. Dengan kinerja grafis yang bisa diandalkan, laptop gaming juga lebih dari memadai untuk memutar video Full HD, bahkan video 4K.

  1. Hard disk yang lega

komputer-dan-hard-disk-eksternal

Karena digunakan secara bersama-sama, setiap anggota keluarga tentunya ingin menyimpan file-file mereka sendiri. Misalnya file pekerjaan atau tugas sekolah, ratusan hingga ribuan foto, serta video dan film HD dengan size yang besar. Semakin banyak orang yang menggunakan sebuah komputer, semakin cepat pula hard disk menjadi penuh.

Apabila dana yang Anda miliki memungkinkan, pilih laptop dengan kapasitas hard disk yang besar. 1 TB (terabyte) kini telah menjadi besaran kapasitas yang cukup standar untuk saat ini. Bagi yang memilih laptop dengan media penyimpanan SSD, Anda bisa menggunakan hard disk eksternal untuk menyimpan file-file berukuran besar..

  1. Perhatikan masalah kelengkapan konektivitas

Acer-predator-17-11

Jangan lupa untuk memilih laptop yang memiliki konektivitas lengkap. Misalnya, pastikan konektor USB yang dimilikinya lebih dari 2 port. Pilih juga yang memiliki koneksi HDMI sehingga mudah dihubungkan ke televisi atau perangkat display layar besar lainnya. Konektivitas yang lengkap membuat laptop semakin fungsional untuk digunakan sebagai perangkat bekerja, belajar, atau hiburan.

  1. Software bawaan yang bermanfaat

Konten-Edukasi-Intel (1)

Biasanya setiap merek laptop menawarkan bonus berupa software bawaan yang menarik di paket penjualannya. Jangan lewatkan penawaran tersebut, apalagi jika bonusnya berupa antivirus berkualitas. Ingat, antivirus sangat dibutuhkan karena Anda tidak pernah tahu kapan salah satu anggota keluarga Anda membuka website penuh malware atau flash disk berisi virus.

Selain itu, software bawaan yang sangat bermanfaat untuk keluarga juga bisa berupa konten pendidikan. Software semacam ini dapat memfasilitasi metode belajar yang lebih efektif untuk anak-anak baik di sekolah maupun di rumah.

Contohnya adalah software pendidikan dari Intel yang memuat cukup banyak Buku Sekolah Elektronik yang disediakan oleh Mahoni.com, video-video pembelajaran terkait materi sekolah garapan Inibudi.org, dan kumpulan soal-soal ujian dari Kelase.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY