Masih banyak yang belum tau jika bagi ibu-ibu rumah tangga di era 1980-an, talenan tidaklah terlalu penting. Pasalnya, ibu-ibu rumah tangga di era tersebut amat piawai menggunakan pisau dan telapak tangan mereka untuk mengiris bahan-bahan makanan, khususnya bawang. Meskipun mengiris bawang terkenal sulit.

Lain dengan era 1980-an, ibu-ibu rumah tangga sekarang ini umumnya amat tergantung pada talenan dalam hal iris-mengiris bahan makanan.

Namun, tetap saja ada satu hal yang perlu diingat. Sebelum membeli talenan, (yang namanya belanja) tetap tidak bisa dilepaskan dari proses memilih. Untuk talenan, pilihannya hanya ada dua, mau bahan plastik atau kayu. Well, bagi Anda yang berencana mengganti talenan, berikut saya ungkapkan 5 fakta tentang talenan agar Anda bisa memilih talenan jenis apa yang dibutuhkan.

  1. Talenan plastik lebih mudah dibersihkan daripada talenan kayu. Tapi, mengiris menggunakan talenan plastik juga bisa menimbulkan goresan yang nantinya bisa menjadi tempat bersembunyinya bakteri. Sementara talenan kayu lebih sulit tergores.
  2. Talenan yang dibuat dari bahan kayu lembut lebih aman daripada talenan yang dibuat dari material kayu keras seperti maple. Aman di sini berarti bebas dari bakteri.

3. Talenan kayu lebih aman untuk memotong-motong buah, sayur dan makanan siap saji seperti roti atau keju. Sementara pemakaian talenan plastik lebih aman untuk memotong daging.

4. Talenan plastik bisa dicuci menggunakan mesin pencuci piring. Mereka bisa dibuat steril dengan mencucinya pada temperatur tinggi. Talenan kayu lebih cepat rusak bila dicuci dengan mesin pencuci piring.

5. Anda mungkin sering mengabaikan goresan pada talenan plastik. Faktanya, jika talenan plastik sudah banyak goresan, itu artinya Anda sudah harus menggantinya. Lubang goresan bisa menjadi sarang bakteri.

Anda sudah selesai membaca artikel ini? Nah, Anda kini tahu kan.. bahwa Anda bisa saja memiliki dua talenan di rumah!Β Yap, pisahkanlah talenan kayu untuk memotong buah, sayur dan makanan siap saji serta talenan plastik untuk memotong daging. Hal itu patut dilakukan agar talenan lebih awet serta tidak mengubah rasa dari bahan untuk Anda memasak.

Bila tidak sempat pergi ke toko untuk membeli talenan, manfaatkan saja sistem belanja online yang ditawarkan blibli.com. Cari talenan pilihan Anda dengan harga terjangkau, klikΒ disini!

kieraplaza_ikea-legitim-set-talenan-2-pcs_full01 klik-d-klok_komax-dua-sisi-bcm-red-talenan_full01

Apalagi pilihan talenannya ada banyak. Anda bisa memilih Komax Dua Sisi yang dibuat dari plastik bebas BPA dan Ikea Legitim Set yang menggunakan plastik polyethylene.

jacq_jacq-mom-kitchen-chopping-board-pink-_full01

Atau, bahkan aneka talenan kayu merek Jacq. Selamat memilih πŸ™‚

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY