Harga kamera yang mahal tidak selalu menjamin hasil yang bagus. Pertama, tergantung siapa yang memakainya. Kedua, bermasalah atau tidak. Nah, yang terakhir ini kadang tak disadari. Hanya gara-gara salah memperlakukan, jamur kamera pun datang. Lensa jadi buram tak karuan.

Apalagi zaman kamera digital seperti sekarang. Tak jarang friends menganggap semua kamera tinggal jepret. Canggihnya teknologi kadang membuat kamu lupa, ternyata yang canggih pun butuh sentuhan manual. Hayo, siapa yang pernah mengalami masalah dengan kamera digitalnya?

Cuaca sering kali jadi penyebab utama hadirnya jamur kamera. Bolak balik kemarau dan hujan, panas dan dingin, menjadikan suhu di kamera pun acap tak stabil. Perubahan ini yang kadang mengundang beberapa masalah di kamera. Belum lagi debu beterbangan dan kotoran menempel di lensa dan body kamera. Tak jarang, air tanpa sengaja juga membasahi beberapa bagiannya.

Nah, Friends pasti nggak ingin investasi kamera mahalnya jadi bermasalah di kemudian hari kan? Untuk itu, Blibli memberikan beberapa tips merawat kamera, utamanya untuk mencegah kamera digitalmu agar tidak jamuran. Ini dia caranya:

  • Bereskan selalu kamera dan perangkatnya

Bereskan Kamera

Ini yang sering kali terjadi jika sudah sibuk memotret. Karena badan kecapekan, lalu menaruh kamera dan peralatannya begitu saja. Kadang tak jarang berdampingan dengan kain-kain lusuh dan kumal di sekitar meja. Atau parahnya, menaruh di ruangan yang berantakan. Ini sepertinya sepele. Tapi jika dibiasakan, sering kali debu dan kelembaban dari barang kotor di sekitar kamera bisa memancing datangnya jamur.

  • Jangan biarkan kamera terlalu lama di dalam tas kamera

Jangan biarkan

Selepas memotret, keluarkan sejenak kamera dari tasnya. Lakukan juga untuk kamera yang tidak terpakai dan tersimpan cukup lama di tas. Angin-anginkan sejenak. Ini penting untuk menjaga suhunya agar tidak lembab dan “keringatan”. Dengan begitu, kamera dan alat-alatnya bisa aman dari serangan jamur.

  • Bersihkan kamera jika ada indikasi mulai berjamur

Bersihkan

Jamur itu kalau dibiarkan, akan menyebar dengan cepat. Karena itu, jika sudah menemukan lensa jadi kurang bening, ada noda, atau kotor, segera bersihkan. Sebisa mungkin, lakukan pembersihan ini secara rutin.

  • Gunakan silica gel atau penyerap lembab ruangan

Silica Gel

Ini sifatnya menyerap udara lembab dan mencegah datangnya jamur. Untuk satu kamera, gunakan setidaknya 50-100 gram silica gel. Kamu juga bisa mencari silica gel yang siap pakai. Perhatikan masa pakai silica gel. Rata-rata, jika sudah sekitar sebulan, ganti silica gelnya.

  • Tempatkan kamera di lemari kedap udara

Lemari Kedap Udara

Ini salah satu metode mencegah jamur yang paling dianjurkan. Simpan kamera di wadah kedap udara (dry box) atau wadah yang dikhususkan untuk menyimpan kamera. Penyimpan kamera ini ada macam-macam. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Blibli menyediakan banyak pilihan dry box yang bisa kamu dapatkan dengan fasilitas cicilan 0%. Tinggal pilih, klik, bayar, barang sampai, dan kameramu aman dari jamur.

Dengan beberapa tips tadi semoga kameramu makin awet Friends. Kami tunggu share foto-foto indahmu ya.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY