Mendengarkan musik adalah salah satu bentuk aktivitas yang baik bagi otak Anda. Karena, mendengarkan musik, melibatkan seluruh bagian otak yang berguna untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Nggak hanya itu, banyak survey dan penelitian yang bilang kalau mendengarkan musik juga berguna untuk membantu koordinasi fisik, mengembalikan ingatan serta memperbaiki kemampuan berbahasa.

Oleh karenanya, memilih gadget sebagai output untuk mendengarkan musik butuh pertimbangan. Salah pilih, bisa berakibat buruk bagi Anda. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk membeli headset, pilihlah yang cocok dengan kegiatan Anda. Mau tau apa saja pertimbangan membeli headset? Letโ€™s check it out!

  1. Jangan Terpaku pada Merk

Pada era perdagangan bebas seperti saat ini, sudah saatnya Anda untuk bisa membedakan mana kualitas dan kuantitas saat membeli produk. Sebabnya, pepatah lama; โ€œada uang, ada barangโ€ bukan lagi jadi patokan. Hal ini juga termasuk saat memutuskan untuk membeli headset.

Jangan hanya terpaku pada merk-merk ternama yang dekat endorsement public figure. Namun, pertimbangkan juga penghargaan (award), after sales dan bagaimana sebuah merk fokus pada pengembangan penjualan mereka.

IMG_7348
Soundmagic P11s dengan Microphone untuk menjawab telepon
  1. Cari tau Musik Kegemaran Anda

Hal ini bisa dilihat dari jenis playlist yang sering Anda buat, atau bahkan musisi favorit. Jika Anda kerap mendengar jenis musik hip hop dan metal, berarti cocok dengan headset berjenis warm yang memiliki output suara cenderung nge-bass karena suara vokal akan lebih pelan dibanding suara bass.

Sedangkan aliran musik rock dan klasik lebih cocok dengan headset berjenis bright yang mengeluarkan suara cenderung treble.

IMG_7345
Foldable Headset: Soundmagic P11s dengan Pad dari Karet Sintetis yang nyaman dipakai berlama-lama
  1. Pilih Bentuk

Menentukan bentuk headset akan bersinggungan dengan kebutuhan Anda saat membeli headset. Apakah ingin dipakai untuk aktivitas yang mobile dan bergerak, atau stay di suatu tempat. Jika ingin aktivitas mobile dan bergerak, Anda bisa memilih set dengan headband yang bisa ditekuk agar mudah disimpan.

Lalu, perhatikan juga head padnya. Untuk mobile, Anda perlu membeli headset dengan bahan head pad yang aman, tahan dengan keringat. Karena, bahan tersebut bisa membuat aktivitas Anda menjadi nyaman. Perhatikan juga speaker cushion yang menjadi penting untuk output musik yang dikeluarkan.

IMG_7339
Soundmagic P11S dengan karakter suara balanced dan warm, punya bass smooth, dan menurut saya punya Tonality bagus dan seimbang
  1. Perhatikan Spesifikasi

Headset yang memiliki rentang frekuensi besar bisa dikatakan berkualitas baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya dan semakin tinggi frekuensi atasnya berarti semakin baik pula kualitas headsetnya. Karena, headset bisa memperdengarkan suara-suara yang memiliki frekuensi rendah yang mungkin saja biasanya tidak terdengar.

IMG_7341
Headset portable dengan housing drivers cukup besar, kabel pipih dan durability menawan
  1. Sesuaikan Budget

Penyesuaian budget sebagai pertimbangan Anda membeli headset bisa jadi berkaitan dengan nomer 1. Jangan memaksakan diri untuk membeli headset mahal padahal Anda tidak terlalu membutuhkannya. Carilah yang sesuai dengan budget Anda. Salah satu opsi yang bisa saya utarakan adalah dengan memilih Sound Magic.

Produsen earphone dan headphone asal China yang sudah memenangkan banyak award dari gadget reviewer, headphone enthusiast, serta majalah-majalah gadget untuk produk-produknya yang mampu menghasilkan suara yang superb, dengan desain yang stylish dan eye catchy, dan hebatnya, harganya sangat jauh di bawah produk-produk lain.

Mau lihat harga Soundmagic P11s? Klik disini!

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY