Olahraga adalah salah satu kebutuhan penting manusia. Olahraga tidak kalah penting dibanding makan dan istirahat. Makan, istirahat, dan olahraga perlu dilakukan secara benar agar metabolisme bisa berfungsi maksimal dan badan tetap sehat.

Tapi bagaimana bila sudah memasuki bulan puasa? Apakah harus tetap olahraga? Tentu saja iya, Friends. Saat puasa kamu tetap bisa olahraga, asal dilakukan secara tepat. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah sekitar 30 menit sebelum berbuka, seperti diungkapkan oleh pakar gizi klinik FKUI, Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.

Nah, 30 menit menjelang berbuka ini artinya jam ngabuburit. Kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit ini untuk berolahraga. Tidak perlu waktu lama Friends buat berolahraga di bulan Puasa, hanya perlu sekitar 20 menit. Jadi pas banget, 20 menit berolahraga, istirahat sekitar 5-10 menit, tiba deh waktu berbuka.

Namun, tidak semua olahraga bisa dilakukan saat ngabuburit. Sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Hindari olahraga seperti futsal atau martial art. Lantas olahraga apa yang cocok dilakukan saat ngabuburit? Check it out Friends:

Jalan santai

Jalan Santai Blibli
Jangan lupa ajak teman yaa

Datang ke taman kota bersama saudara atau teman bisa menjadi pilihan menarik saat ngabuburit Friends. Jalan santai di bawah rerimbunan pohon sembari menghirup udara segar bisa untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka.

Jalan santai adalah salah satu olahraga terbaik di bulan puasa, karena tidak terlalu menguras tenaga. Lakukan jalan setelah melakukan pemanasan. Bila kamu merasa energimu masih cukup besar, tingkatkan kecepatan dan lakukan jalan cepat atau bahkan lari-lari kecil. Oh ya, jangan lupa mengenakan running shoes ya agar nyaman selama berolahraga.

Bersepeda

Bersepeda Blibli
Bersepeda sambil menikmati sore-sore santai.

Olahraga lain yang bisa menghemat energi adalah bersepeda. Berkeliling kompleks perumahan atau mencari jajanan berbuka menjadi rute pilihan. Agar tak mudah lelah, kamu bisa memasang gir sepeda di posisi low speed. Untuk gir depan pasang di posisi gir paling kecil, sedangkan gir belakang pasang di posisi kebalikannya yaitu gir paling besar.

Bila kamu bersepeda agak jauh misalnya mencari jajanan berbuka ke luar komplek perumahan, jangan lupa membawa air minum di bottle cage. Seandainya dalam perjalanan pulang sudah waktunya berbuka, kamu bisa membatalkan di perjalanan. Oh ya, gunakan celana sepeda agar kegiatanmu bersepedamu nyaman.

Yoga

Yoga Blibli
Yoga efektif banget buat memanfaatkan waktu jelang buka puasa!

Mau olahraga tapi malas keluar rumah? Kamu bisa olahraga di rumah Friends. Gelar saja yoga mat di teras atau ruang tamu. Lakukan yoga yang ringan dan mudah seperti child pose. Caranya cukup mudah yaitu dengan bersimpuh seperti orang sujud. Bedanya tangan diluruskan ke depan atau ke belakang. Posisi kepala bisa menunduk ke depan atau bisa juga menoleh ke samping.

Lakukan gerakan yoga ini selama 15-20 menit dan hal tersebut cukup baik untuk mengatur pernapasan serta menormalkan metabolisme dalam tubuhmu.

Tiga olahraga di atas bisa menjadi pilihan olahraga saat puasa. Tak perlu takut lemas apalagi pingsan, karena olahraga tersebut tidak terlalu menguras tenaga. Bila kamu ingin membeli perlengkapan olahraga terbaik dengan fasilitas Cicilan 0% langsung saja cek di Blibli.com.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY