3 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membeli Helm

Kamu lagi kepikiran cari-cari helm yang cocok? Namun, juga lihat-lihat mana budget yang cocok? Cara pandang kamu patut dikasih dua jempol, malah semuanya jempol yang kita punya kalau perlu. Soalnya berarti kamu peduli buat melindungi kepala, daripada cuek memilih naik motor dan enggak pakai helm.

Aman pakai helm, bisa sekaligus fashionable juga kan. Lagi pula, kalau kamu pakai helm, kamu juga jadi contoh buat orang lain bahwa naik motor ya semestinya pakai helm. Pandangan begitu juga yang dianggap penting, bahkan udah lama banget sejak tahun 1900-an.

Jadi ceritanya waktu itu dokter tentara bernama Eric Gardner sering banget lihat kecelakaan fatal di bagian kepala waktu ada balapan di Sirkuit Brooklands dekat Surrey, Inggris.

Sejak itu, kisaran 1914, dia bikin helm yang awalnya pakai campuran resin sama kulit. Seterusnya, orang-orang jadi paham kalau helm bisa bikin pengendara motor selamat dari benturan di kepala, sampai akhirnya helm berkembang jadi macam-macam bentuk seperti sekarang.

Selain bentuknya yang macam-macam dan karenanya kamu juga jadi punya banyak pilihan, helm juga punya bagian-bagian yang penting buat dipahami. Makanya, sebelum kamu memutuskan beli helm, simak dulu beberapa hal, seperti yang ada di bawah ini.

1. Klasik, Sport, Motif Khusus Anak Bikin Gemas, Semuanya Tinggal Pilih

Vespa, Kemudi, Vintage, Retro, Roda Kemudi, KlasikSekarang ‘kan musimnya motor retro dan custom, ya. Tren begini juga menular ke bentuk-bentuk helm. Di luar itu, rider-rider yang adu cepat di sirkuit juga menularkan gaya-gaya helm sport.

Kalau kamu sukanya yang klasik-klasik, lagi kena tren retro atau Vespa-an, merek-merek kayak Cargloss bikin sederet desain macam begini. Ada yang pakai topi lebar, ada juga yang pakai semacam kacamata google. Begitu juga sama helm batok minimalis yang pakai kaca cembung.

Nah, untuk yang suka model sport, merek kayak KYT, Ink, Zeus bisa dilirik. Helm model half face atau yang bikin kepala tertutup penuh kayak pembalap di masing-masing merek ini bisa beda-beda detailnya. Desainnya bisa tajam, bahkan pakai spoiler atau sayap kecil di belakang.

Kamu tentukan tipenya dulu, baru pilih-pilih warna dan detailnya. Kalau kamu suka yang model sport, pilih yang tipe full face. Kalau kamu orangnya gampang kepanasan, carinya yang helm half face. Kombinasi-kombinasi juga dibuat, misalnya helm half face tapi desainnya serba lancip sporty.

Helm-helm buat anak tidak ketinggalan buat punya pilihan gaya. Apalagi kalau si anak suka sama karakter kartun.

PILIH HELM SESUAI TIPE YANG KAMU SUKA DI SINI

2. Kenalan Sama Bagian-Bagian Helm, Jadi Kamu Tahu yang Sesuai Kebutuhan

Superbike, Motorsport, Cepat, Kecepatan, Merah, LaguPrinsipnya, helm adalah batok cangkang yang melindungi kepala. Tapi kalau diperhatikan, dia punya semacam kaca. Lalu, ada bagian-bagian lain yang memang dibikin untuk sebuah helm.

Misalnya kalau bahas kaca, bagian ini namanya “visor“. Di helm half face, visor-nya biasanya memanjang supaya bagian mulut juga tahan terpaan angin. Khusus buat yang sering kena silau matahari, sejumlah produsen helm bahkan bikin visor tambahan.

Istilahnya helm double visor. Jadi, selain visor utama yang gede, ada juga visor lain yang bisa keluar-masuk dan biasanya berwarna gelap. Jadi ibaratnya, naik motor sambil pakai kacamata hitam. Aman dari silau.

Selain visor, helm juga punya busa penahan di dalamnya. Makin mahal helm, biasanya bagian ini makin empuk. Lalu selain visor, busa-busa bagian dalam, helm juga punya ventilasi yang bisa dibuka tutup. Nah, ini sebagian yang bisa jadi pertimbangan kamu, mana yang dibutuhkan waktu pakai helm.

TIPE HELM DAN FITUR-FITURNYA BISA DICARI DI SINI

3. Coba Pilih, Mana yang Cocok Sama Isi Kantong Kamu

Uang, Dompet, Perbelanjaan, Kas, Kulit, SakuKalau kamu mau beli sesuatu, pastinya sesuaikan juga kan sama isi dompet ataupun rekening. Begitu juga helm.

Tapi helm bagus harga terjangkau pun banyak betebaran. Helm anak pun dijual di harga puluhan ribu saja. Sementara helm untuk orang dewasa, misalnya helm sport, pilihannya bisa beragam di kisaran ratusan ribu. Sedangkan helm klasik biasanya dibanderol di bawah harga helm sport (full face).

Budget Rp100 – Rp200 ribuan ada juga pilihan helm-nya. Sementara kalau budget kamu di atas Rp300 ribu juga tersedia. Paling kalau harga agak kurang cocok, kamu bisa cari promo-promo supaya kemauan dan dompet bisa akur.

CARI HELM-HELM HARGA PROMO DI SINI

Pastikan helm seperti apa yang pas buat kamu. Desainnya, tipenya, warna atau motifnya silakan kamu tentukan sendiri. Yang jelas, kamu bisa pilih helm plus diskon di Blibli.com. Let’s go, cari helm yang kamu suka di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY