[Monday Momsday] Moms, Latih Si Kecil dengan 10 Aktivitas Gymnastic Anak Ini, Yuk!

gymnastic anak

Usia anak-anak adalah tahap yang tepat untuk berlatih ketangkasan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan, melainkan juga memaksimalkan fungsi otak dan menikmati hiburan. Daripada bermain gadget seharian, lebih baik banyak bergerak dengan melakukan aktivitas gymnastic anak.

Moms bisa ikuti 10 aktivitas gymnastic anak di bawah ini bersama si kecil. Beberapa aktivitas memerlukan barang pendukung, tapi bisa dimodifikasi, kok. Kalau moms merasa insecure melatihnya sendiri, bisa daftarkan si kecil ke tempat-tempat les terdekat.

Yuk, langsung aja simak kesepuluh aktivitas gymnastic anak di bawah ini!

INTIP DULU PROMOSI MOMSDAY TERBARU DI SINI

1. Lomba meniru binatang

gymnastic anak
Via – gymnastics.sg

Salah satu permainan terfavorit di antara anak-anak adalah lomba lari sambil meniru binatang kesukaan mereka. Ajak anak-anak untuk menentukan binatang kesukaannya. Kelinci harus melompat-lompat, kepiting berjalan menyamping, beruang merangkak, dan ikan berjalan berkelok-kelok dengan sirip di samping badannya. Aktivitas ini sangat cocok diletakkan diawal sebagai pemanasan untuk meregangkan otot dan mood si kecil.

BERMAIN BEBAS TANPA KHAWATIR DENGAN POPOK CELANA DARI POKANA

2. Memory Add On

gymnastic anak
Via – Gymboree Play & Music

Aktivitas gymnastic anak kali ini bisa dimainkan di semua kelas umur. Bahkan, orang dewasa pun bisa melakukannya. Mintalah si kecil untuk memikirkan sebuah gerakan lalu praktikan gerakan tersebut. Kemudian tambahkan dengan gerakan yang moms pilih dan kolaborasikan lagi dengan gerakan baru dari si kecil. Jika bermain berdua, mungkin moms dan si kecil bisa melakukannya hingga 10 gerakan.

Lakukan gymnastic anak ini untuk meningkatkan daya ingat, cepat tanggap, fleksibilitas, kemampuan mengamati, dan tentunya kekuatan otot serta keseimbangan.

DUKUNG DAYA INGAT SI KECIL DENGAN SUSU BERGIZI INI

3. Trampolin

gymnastic anak
Via – Constance Hotels

Ini dia salah satu aktivitas yang lagi hits, bahkan di kalangan orang dewasa. Tempat umum bermain trampolin pun main menjamur di Indonesia, khususnya Jakarta. Kalau nggak nyaman bermain di luar, beli aja trampolin kecil untuk di rumah. Ajak si kecil mempraktikan gymnastic anak di atas trampolin, seperti melompat atau pun salto. Aktivitas gymnastic satu ini melatih koordinasi, kekuatan, dan keseimbangan si kecil. Jangan lupa utamakan keselamatan, ya!

PILIH TRAMPOLIN UNTUK SI KECIL DI SINI

4. Menyebrang di atas papan

gymnastic anak
Via – Mountain Kids Lousville

Seperti pemain sirkus, moms dan si kecil juga bisa melakukan aktivitas gymnastic ini. Berjalanlah di atas bangku taman panjang atau alas lainnya yang cukup datar dan sempit. Dengan melakukan aktivitas gymnastic anak ini, si kecil dapat menajamkan kewaspadaannya sekaligus mengaktifkan kemampuannya menyeimbangkan badan. Si kecil pun akan berlatih mengatur emosi dan menambah pengalaman memecahkan masalah.

CEK VITAMIN UNTUK MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN SI KECIL DI SINI

5. Monkey Bar

gymnastic anak
VIa – Mountain Kids Lousville

Bermain dengan bar memang lebih sulit dari yang lainnya. Tapi, kalau berlatih terus-menerus, pasti anak jadi terbiasa dan bisa. Aktivitas gymnastic anak yang dinamai dengan monkey bar ini biasa juga disebut dengan pull up bar di kalangan orang dewasa. Si kecil bisa berlatih ketahanan sambil bergelantungan. Sama seperti aktivitas lainnya, monkey bar juga punya banyak manfaat, terutama berkaitan dengan kekuatan otot.

DI SINI TERSEDIA MATRAS UNTUK ALAS ANAK BERMAIN

6. Island Tag

gymnastic anak
Via – Lilcaboose

Permainan dalam gymnastic anak ini akan memerlukan tenaga yang lebih. Moms akan bermain seolah-olah sedang berada di pulau terpencil dan harus berpindah-pindah setiap saat. Sembari melompat dari “pulau” satu ke “pulau” lainnya, eliminasilah salah satu “pulau”.

Moms bisa manfaatkan karpet kecil atau rug sebagai simbol pulau. Pastikan karpetnya nggak licin, ya, moms supaya nggak terpeleset. Permainan ini membutuhkan kecepatan dan koordinasi yang baik, lho karena satu pulau belum tentu muat untuk semuanya!

AGAR LEBIH MENARIK, BELI KARPET LUCUNYA DI SINI

7. Freeze Frame

gymnastic anak
Via – Friendship Circle of Michigan

Moms pasti pernah melihat aktivitas gymnastic anak yang berupa melewati beberapa rintangan. Nah, moms juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan meja dan kursi di rumah untuk mempraktikannya bersama si kecil.

Rintangan pertama adalah merangkak di bawah meja. Kemudian berjalan zig-zag menghindari kursi. Selanjutnya melakukan jumping jacks di tempat. Sambil melewati rintangan, putar musik kesukaan si kecil agar lebih semangat. Setiap menyelesaikan rintangan, mintalah si kecil untuk menari. Ketika lagu dihentikan, si kecil harus diam seperti patung.

NYALAKAN MUSIK DI SMARTPHONE MOMS AGAR PERMAINAN SEMAKIN SERU

8. Senam lantai

gymnastic anak
Via – The Asian Parent

Gymnastic nggak jauh-jauh dari senam lantai. Salah satu gerakan yang paling mudah untuk anak-anak adalah split, sikap lilin, pesawat terbang, atau kayang. Semuanya membutuhkan kekuatan dan koordinasi otot serta keseimbangan. Lakukan aktivitas ini di atas matras olahraga yang empuk.

BERBAGAI PILIHAN MATRAS OLAHRAGA BISA DIPILIH DI SINI

9. Senam Aerobik

gymnastic anak
Via – Defined Fitness

Senam aerobik adalah latihan ketangkasan yang menggabungkan kemampuan akrobatik dan menari. Aktivitas ini termasuk salah satu yang paling familiar, kan moms?

Mulailah dengan melakukan gerakan dasar seperti berjalan dengan lutut 90 derajat, menendang, berjalan ke samping atau depan-belakang, atau juga bergeser ke samping dengan membuka lutut selebar bahu. Yang penting: bergerak!

PILIHAN BAJU YANG NYAMAN UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN INI

10. Senam ritmik

gymnastic anak
Via – The AcvitivyHero Blog

Moms pasti pernah terpikir untuk melihat si kecil menjadi atlet gymnastic gara-gara menonton senam ritmik. Senam ritmik inilah yang biasa diperlombakan di antara para gadis menawan di olimpiade. Menari berdasarkan ritme dengan atraksi menggunakan alat, seperti bola, hula hoop, pita, atau pun tali, akan sangat menyenangkan!

MAINKAN RITME MERDU DI LAPTOP INI

Seru-seru, ya moms! Jadi nggak sabar mempraktikannya bersama si kecil. Selain banyak manfaatnya, ternyata gymnastic anak sangat menyenangkan. Selain bisa seru-seruan bareng si kecil, moms jadi punya cara untuk menciptakan quality time bersama sang buah hati.

Nah, agar kegiatan di atas makin seru, yuk dapatkan semua perlengkapan yang moms cari di Blibli.com. Kebetulan banget nih, moms, Blibli.com sedang menawarkan promo Monday Moms Day yang sayang banget jika dilewatkan. Moms nggak hanya akan mendapat perlengkapan moms dan si kecil secara lengkap, namun juga dengan penawaran diskon hingga 70%, gratis ongkos kirim hingga cicilan 0%. Lengkap banget, kan? Tunggu apa lagi, yuk langsung #BlibliSekarang!

NIKMATI PROMOSI MOMSDAY TERBARU DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY