Iya. Hadir lagi chat client baru di Indonesia. Setelah heboh LINE, KakaoTalk, lalu adanya #BBM4ALL, saya pikir sudah cukup banyaknya chat client yang hadir di sekitar kita. Ternyata, masih ada lagi, mypeople. Bedanya apa lagi ya?

Pertama kali saya melihat eksistensi mypeople di Indonesia adalah di BrightSpot Market di salah satu mall di bilangan Kasablanka. Mereka mendirikan stand disitu dan saya berpikir “Whaaaat?”. Apa kurang ya chat client yang ada?

Iya, memang saya mendownload semuanya, tapi yang bertahan terpakai memang sedikit. Coba kita bandingkan beberapa yang populer:
BBM: Besar karena duluan ada di BlackBerry, smartphone (dulu) sejuta umat di Indonesia, sehingga penggunanya sudah terlalu banyak, susah untuk diabaikan. Baru saja bisa untuk platform lain, meluaskan jumlah pengguna.
WhatsApp: chat client pertama yang bisa cross platform. Awalnya diragukan, tapi menjadi satu yang terbanyak penggunanya.
LINE: Lebih terkenal dengan undangan untuk bermain LINE Bubble sampai Pokopang. Chat client asal Jepang tersedia untuk Mac & Windows juga selain mobile platform.
KakaoTalk: Asal Korea, terkenal dengan stiker-stiker animatifnya, lengkap dengan K-Pop Stars-nya juga.

Lalu? apa yang mypeople tawarkan?

mypeople messenger

mypeople sebenarnya juga berasal dari Korea, tapi mereka menargetkan Indonesia sebagai market utamanya. Uniknya juga terletak di pendekatan lokalnya dan personalisasinya. Yang saya maksud disini adalah selain animatif, juga banyaknya stiker yang berisi dan berbau lokal. mypeople juga menangkap bahasa lokal. Ini cukup cerdik sih, contoh, saat kita mengetik “ok”, pilihan sticker akan keluar diatasnya. Begitu juga kita mengetik “sip” atau “selamat”. Ini yang saya maksud dengan localize.

Yang menarik juga adalah fiturnya untuk menggunakan foto sendiri untuk diedit menjadi sticker. Kita tinggal foto, di pas-kan ke tempat mata dan bibirnya, lalu pilih modifikasinya. Menarik? Iya, itu bagian dari personalisasi yang kreatif dari mypeople.

Selain itu, mypeople juga tersedia di PC/Mac, tentunya semua merasakan mengetik di keyboard yang besar, lebih mudah.

Coba saja dulu, tersedia kok di iOS, Android, PC & Mac. Tentukan sendiri bagus atau tidaknya.

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY